KOTA MALANG – Setiap memakan daging hewan kurban (sapi, kambing, domba, kerbau) masyarakat was-was dengan kesehatanya. Bayangan serangan hipertensi hingga asam urat menghantui. Padahal, yang memicu kadar kolesterol tinggi hingga hipertensi bukanlah dagingnya. Melainkan cara pemilihan bumbu pengolahnya.

“Bumbu yang banyak mengandung garam, gula ataupun MSG (Monosodium glutamat), justru menjadi penyebab penyakit-penyakit kronis seperti kencing manis, hipertensi, ataupun jantung,” beber Direktur RS Baptis, dr. Dolly Irbantoro, MMRS.

Pengolahan terbaik menurutnya juga dengan cara dikukus. Karena proses pengukusan relatif tidak merusak zat-zat gizi di dalamnya.

Untuk meminimalisir penyakit-penyakit terkait kolesterol, Dolly mengimbau agar tak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan asin. Karena gula dan garam yang berlebih dapat memicu kadar kolesterol

“Sebaiknya perbanyak minum air putih. Perbanyak juga makan buah. Seperti apel, pear, dan buah lainnya untuk membantu proses pencernaan,” tutupnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Dok JPRM
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.