Awal 2017 Tarif Kendaraan Bermotor Naik, Ini Rincianya
Ilustrasi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Memasuki awal tahun 2017, Pemerintah akan mulai menerapkan Peraturan Pemerintah (PP) 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebaga pengganti PP No 50 Tahun 2010.

Kententuan ini akan diberlakukan mulai 6 Januari. Pemilik kendaraan bermotor – baik roda dua atau empat bakal membayar  pajak tahunan  lebih tinggi. Nilainya tidak tanggung lagi, ada sebagian rincian yang naiknya sampai 100 persen hingga lebih.

Baca Juga : Takut Telat Bayar Pajak? Yuk Pasang Aplikasi Ini di Smartphone

Kenaikan yang cukup tinggi terjadi pada pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) semula Rp 10.000 menjadi Rp 30.000 per penerbitan.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Gencar Buru Pajak Google

Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Bermotor ke Luar Daerah mengalami kenaikan biaya menjadi Rp 150.000 untuk roda 2 atau roda 3. Sedangkan roda 4 atau lebih biaya mutasi ke luar daerah mencapai Rp 250.000. Tarif lama tidak membedakan antara roda 2 dan 4 semuanya dikenakan biaya Rp 75.000. Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan atau Plat nomor kendaraan.

Baca Juga : Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Hitungan Detik? Begini Ceritanya!

Untuk membuat baru dan perpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) untuk roda dua, tiga dikenakan biaya Rp. 100.00. Sementara untuk roda empat dikenai biaya Rp.200.00.

Berikut rincian daftar perubahan tarif pajak kendaraan bermotor;

170 KOMENTAR

  1. Ini PARTAI WONG cilik apa WONG LICIK, gila banget pajak naiknya mikir pengangguran banyak, SAYA MEMOHON TIDAK USAH.DI.PILIH LAGI PARTAI SEKARANG TERUTAMA WARGA JAWA TENGAH. PLIIIIISSS

  2. Lebih bai g usah dibayar aja.. Ngap byr !!pajak naik tp sarana n prasarana untuk kndaraan g dipikir.. Jalan ancur didiemin j… Tindas j terus rakyat ini..

  3. Gila bener,mendingan g usah ada pemerintah aja orang kita cari krj sendiri bkn dr pemerintah malah pemerintah yg metik hasil krj orang kecil kan lucu…

  4. asli pemerintahan sekarang jago banget pencintraan.
    dari mulai :
    – listrik pintar (pintar cari uangny)
    – sekarang pajak kendaraan
    emg gak rasional ..muaaakkk

  5. besok jangan pilih jokowi lagi …. rakyat melarat jadinya, mbok dipikir, harus nya membuka lapangan pekerjaan yang banyak ini malah belum punya pengahasilan yang memadai ada kenaikan pakak yang tidak tanggung tanggung, cara pikir yang salah ….. coba gini saja …. semua item dinaikan saja semua biar rakyat ini mati semua ….

  6. Bagi saya. Lebih enak peraturaan kayak dulu.
    sebelum ada peraturan yang sekarang pajak kendaraan saya hidup semua.
    SIM saya juga masih berlaku.
    semenjak ada peraturan yang baru ini semua pada mati.
    jagi peraturan yang baru ini bikin REPOT aja.
    kebanyakan ini dan itu.

  7. mungkin yang berasa naiknya pajak orang yang mobil dkk, kalau rakyat kecil boro2 bayar pajak kendaraan bermotor, motor aja ngga punya…wkwkwk

    • Iyaa,,,kalo gg bs byar pajak mending kndaraanya dijual j buat byar pajak wkwkwkw aq mah naik angkot lbih asyik gg sah mikir pjak sgala, ??

  8. Kenapa tidak menstabilkan harga kebutuhan ekonom dulu.dengan naik nya pajak kendaraan..bisa2 harga bumbu dapur ikut naik.????

  9. jangan 3 kali naik, kalau perlu kasih 10 kali naik. biar rakyat kecil semakin menjerit. pemerintah gak punya hati. cuma memikirkan perutnya sendiri aja. ini sama aja merampok rakyat kecil secara terang terangan.

  10. Pemeri tah berpolitik. Kelihatannya gk ada pungli,tp ternyata di belakang sdh ada prrsiapan lain. Yakni penyengsaraan rakyat. Aku akui pemeri tah memang hebat.trik jitu nya mulai menuai hasil. Lihatlah…pasti akan lebih banyak kri.i alitas. .. semangatlah wahai pemerintahku…..jangan engkau hapus aturan baru ini…..sukses…..

  11. menurut saya ini bukan pajak kendaraan nya yang naik, tapi yg naik adalah surat kendaraan dan plat nomor, boleh saja di naikkan.. tapi harus adil, semua pungli di hilangkan.. pungli di sejumlah samsat masih bertebaran. dan asal jangan dipersulit pembayaran pajak aja.

    • Anjing luh, manfaat apaan, kita itu rakyat kecil, tau perekonomian hidup gk sii loh, bego…
      Bandingkan ma kenaikan UMR camkan itu ?

  12. parah banget zaman ini,, gaji buruh cuma naik 200rb tapi pajak+bbm+listrik dinaikin abis abisan..
    gak sebanding sama biaya hidup,
    gaji 3.3jt saya rasa kegedean buat pemerintahan sekarang,, harus nya 1jt.
    biar cepet pada mampusss rakyat..

    • Gundul mu emang beli motor musti tiap th..org pada maksain beli motor itu butuh oprasional..lah kalo pajak kn tiap th nyonk yg bener sj lo samain pajak ama beli motor

    • gak bisa komentar apah2, yang pasti rakyat semakain susah. kita kerja bukan dari pemerintah, tapi permerintah menuai hasil, gak adil. uang yang terkumpul untuk apah. banyak yang korup, semakin kaya. perutnya semakin besar.

  13. di desa punya kendaraan buat transportasi yang kerja buruh, bertani. apa juga harus bayar pajak segitu mahal?? terimakasih semakin sejahteralah kemiskinan kami

  14. Katanya merakyat kok menyengsarakan rakyat, rugi pilih sampean, rakyat makin tertindas,licik.. Kayak negeri rimba saja..

  15. ini lama kelamaan akan terjadi lagi seperti tahun 98 rakyat dan mahasiswa siap robohkan PP yg menguntungkan pribadi pemerintah

  16. Jangan susahkan lagi rakyatkecil dgan naiknya pajak.. pemerintah harus liat rakyat kecil yg tidak mampu…

  17. Yang kaya pajaknya diamnesti, yang mayoritas miskin malah makin ditindas, sungguh zalim pemerintah Indonesia saat ini

  18. Bukan bikin rakyat tambah makmor tapi tambah melarat . Jngan slahkan rakyat klau nnti baxak yg gk di perpanjang.mohon dpertimbngkan lagi kciani rakyat nya.

  19. gk mikirin pegawai kontrak.,,, lihat pegawai kontrak.,, semua perusahaan tidak tetap kontraknya ada yg 2 bulan. ada yg 3 bulan.,,, itu juga system off. klw rakyat mengganggur mau bayar pke apa.,,, bikin makmur rakyat kgk.,, pajak doang yg di perhitungkan.,, di kira gw ikan tinggal nyerok

  20. Semua naik gak masalah asalkan sesuai dengan pendapatan kita perhari, parahnya kalau pendapatan msh jauh dibawah pengeluaran kita perhari. Mohon dikaji ulang pak

  21. Kalau baca di tabelnya yang naik itu bukan Pajak. Yang naik adalah biaya non pajaknya. Apa ada info juga tentang kenaikan pajak tahunannya?

  22. Pajak naik.. Gimana bisa membayar pajak tarif dulu aja kerepotan apalagi tarif baru.. Yang melarat makin melarat yang berjabat makin bangsat

  23. Pajak naik.. Gimana bisa membayar pajak tarif dulu aja kerepotan apalagi tarif baru.. Yang melarat makin melarat yang berjabat makin bangsat

  24. Tolong sukarelanya saudara/i sekalian untuk mencari tahu korelasi tax amnesty dan kenaikan pajak kendaraan, lalu bisa kita diskusikan

  25. makin hari pemerintah makin mencekik rakyat kecil…kesanx yg kaya semakin kaya yg miskin di binasakan sekalian…kapan rakyat kecil kayak saya makmur.. sedih liat pemerintah

  26. Kelihatanya bagus pendapatan negara naik..
    Tp berbanding terbalik bagi rakyat…..mbok mikir…rakyat kecil… Masih banyak yg kekurangan…

  27. Komentar:
    bingung jga…pdahal pajak thn mren aja blum bsa bayar,,,tpi mungkin pemerrintah punya alasan tersendiri,,,,kita sbgai warga tentu tidak tau maksud pemeri tah pusat,,,,klo misalnya jni nantinya memberatkan kita serahkan sja keanggota dewan,,,,tentu akan dikaji ulang,,,lagian pak kapolri sendiri bilang klo kenaikan PNBP tidak melalui dengar pendapat terlebih dahulu sma DPR,,,siapa tau dngn adanya protes warga para petinggi negara bsa merubah kbijakannya,,,

  28. Banyaknya pemilik kendaraan sudah enak bertambahnya pendapatan negara tapi kok masih rakus gitu ya dengan menaikkan pajak & biaya tetek bengek kayak gtu…
    Usut tinggal usut ujung2nya saling tuding…

  29. Sekalian aja uang pajaknya nanti buat beli Bom Nuklir milik Iran lalu jatuhkan ke wilayah RI kenapa? Jd kami rakyat kecil biar gk merasakan penderitaan.
    tak roso langsung mati luweh penak mas jokowi.

  30. Pemerintah cap opo iki, naikin pajak kendaraan kok seenaknya aja, tidak melihat kondisi keuangan masyarakat itu gmana? Mampu apa tidak.

  31. Memang edan pemerintahan skrng… matanya udh buta mungkin… dan hatinya udh seperti dinding… udh gaa punya otak… lu mah enak..hidup dari uang korupsi.. edan… dasar muka minyak.. jiidat udh licin tuh… kebanyakan mikir yg licik2… dasar jokowi keparat..,,,!!!

  32. Hahahaha pengen ketawa saya dengan pemerintah sekarang, pada ga waras. .. Apa2 serba di naikin…mampus aja rakyat kecil kalau kaya gini…bodo lah ada duit bayar ga ada duit gausah dibayar aja sekalian

    • Klo ga bayar pajak kna polisi trs 1X jalan 50 rb klo tiap hr kna polisi, dah berpa banya duit sama rajia klo mau bayar pajak berat k butuhan yg lain aja blom cokup

  33. Kalo dari beberapa tahun lalu tidak pernah naik …. Tapi klo naik kan pajak jangan gila seperti itu dong pak…… Edan tenan…

    Trus di iriingi gaji naik 100% gak…. …. ???????

  34. katanya negara semakin maju tai anjink lah… otak2 para pejabat negara pada di dengkul…coba saja saya mau lihat apakah pak presiden bisa menekan kenaikan2 harga tsbt..maaf sedikit frontal salam nusantara.

    • ia negara kita negara merdeka. tp klo kaya gini bukti nya indonesia blom merdeka, trs menerus d perangi dengan ekonomi

  35. Ea, lanjutkan biar para taxi online yg memang mata pencariannya hanya dari sana biar tambah minus. Biar jadi pengangguran lagi. Uhuy rasain.

  36. Yang naik PNBP (Penerimaan Negara BUKAN Pajak) nya, yg 5 tahun sekali, atau PKB (PAJAK Kendaraan Bermotor) nya yg setahun sekali?

  37. Hampir bisa di pastikan jumlah penerimaan pajak kendaraan yg d terima pemerintah akan berkurang karna masyarakat yg merasa keberatan untuk membayar pajak kendaraanya lebih memilih untuk tidak bayar pajak
    Just my opinion

  38. Pemerintahan tambah tahun tambah membebani rakyat uda nyari kerja susah kerja juga sistim kontrak sekarang malah pajak di naikan lengkap sudah penderita,an masyarakat indonesia

  39. Komentar:PDI dulu tukang demo kenaikan segala sesuatu pada masa pemerintahan SBY… lha sekarang mana pembelaan PDI terhadap rakyat kecil. Puan maharani mana suara kamu…

  40. Kpd pemerintah. tolong jgn melampiyaskn hutag negara kdp kami. Kami ini hanya rakyat kecil.
    Pajak di perbesar. Tp knp jalanan di perkecil. Sehingga terjadi kemacetan di mn mn. Sampai kcelaka.an pun terjadi karna sempitx jalan…

  41. Kenapa rakyat dibuat susah trus..
    Gmna nasib rakyat kcil buat isi minyak aja kadang kesushan apa lg bayar pajak yg smkin mahal..
    Nasib rakyat miskin sprti saya..

  42. Pemerintah ngutang rakyat jadi sengsara…pemerintah indo sama persis iblis jlmaan manusia..indo anjing .indo babi ..kusumpahin indo akn bubar kdepan .amin ya allah..

  43. Beri ketabahan pada masyarakat indonesia biar pada ikhlas .. . Semoga sampe 2019 gak bakal ad yg di naik2in lagi

  44. seharusnya hal yg seperti ini harus dikaji ulang lagi. haruskah rakyat dibuat menderit lagi dengan hal semacam ini!! sudah cukup penderitaan kami rakyat bawah yg selalu terinjak-injak dgn segala keputusan yg memberatkan kami!! jika memang harus seperti ini jalannya. lebih baik kami kembali kemasa di mana sepeda menjadi kendaraan istimewa. dan untuk para petinggi yg duduk disana. ingat .. kalian yg membuat kalian yang merasakan nti nya. tanpa rakyat tak akan ada pemerintahan. bye, rakyat kecil yg tertindas

  45. seharusnya hal yg seperti ini harus dikaji ulang lagi. haruskah rakyat dibuat menderita lagi dengan hal semacam ini!! sudah cukup penderitaan kami rakyat bawah yg selalu terinjak-injak dgn segala keputusan yg memberatkan kami!! jika memang harus seperti ini jalannya. lebih baik kami kembali kemasa di mana sepeda menjadi kendaraan istimewa. dan untuk para petinggi yg duduk disana. ingat .. kalian yg membuat kalian yang merasakan nti nya. tanpa rakyat tak akan ada pemerintahan. bye, rakyat kecil yg tertindas

  46. Karna indonesia mempunyai hutang dan tidak bisa membayar , imbasnya ke rakyat . Para petinggi di indonesia banyak yang korupsi uang dr rakyat tetapi di bebaskan sedangkan rakyat jika ada masalah sepeleh seperti halnya “mencuri sandal jepit” dipenjarakan padahal itu sandal jepit sampai segitunya . Pada sibuk mengenai partai2 bermotivasi utk membenahi indonesia menjadi lebih baik itu hanya omong kosong saja supaya rakyat memilih pada akhirnya tidak bisa menangani masalah di indonesia , Yaa kalo dipikir2 indonesia dari dulu emang gak bisa maju2 seperti negara lain lah para petinggi2nya seperti itu semua ☺ . Kalo mau indonesia maju ya tolong dong dirubah korupsi di tiadakan , membantu rkyat kecil , padagal para petinggi juga digaji kan masa iya kurang gajiannya sampe2 korupsi uang rakyat.
    Pajak di naikin ? Buat apa , apa2 dinaikin ntr diturunin lg harganya plinplan kan jadinya .
    Tak usah lah pajak dinaikan segala pikirin dan renungkan kasihan rakyat yang tidak mampu seperti kami . Sembarang2 naik . Yang sana bisa makan enaksepuasnya lha untuk rakyat makan enak aja masih mikir 2x utk nyambung hidup kedepannya ?

  47. Namanya juga pemerintah Indonesia brow, Nggak peduli gmn nsb rkyt kcl, yg pnting, yg diatas mkn jaya, hebat bgt cr membunuh rakyat, salut

  48. coba mencontoh dari pemerintahan sebelumnya tidak ada yang kayak gini … terlalu menyiksa …. mana janji manismu JKW saat kampanye dulu sebelum jadi sekarang. jadi di ingat ingat dulu setiap ucapan … ini rakyat mu yang bersuara

  49. Komentar:bgi gua sieh mampu ngeridit mtor knpa hrus keberat,an pajak naek loe pkir aja bayar pajak hbis 500 loe bagi setahun
    ketimbang dtilang tiap kali mending bayar pajak yg nikmati loe semmua jga klo gk pengen ada pajak gk usah pkae motor

    piis salam damai indonesia

    • bayar cicilan motor aja sudah berat, harus memotong anggaran makan. gimana mau bayar pajak berlipat??????? kalau tidak mencicil sepedamotor, naik kendaraan umum/ojek lebih banyak lagi pengeluaran. Pemerintah Indonesia Biadab.

  50. Maaf jikq saya salah
    Tapi yang saya pahami adalah bukan pengurusan pajak yang mengalami kenaikkan, tetapa biaya penguruasan STNk yang baru, pengurusan no Plat baru

    Jadi untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tetap sama, atau lebih jelas tanyakan ke daerah nya masing2
    Karena untuk kenaikkan pajak kendaraan bermotor itu kewenangan pemerintah provinsi

  51. Pajak kendaraan bermotor naiknya,edan, artinya emang pemerintah tidak melihat rakyak kecil yg semakin menjerit dengan naiknya pajak ini

  52. mereka yang berpakaian rapi yang mengandalkan profesi… mereka yang selalu berdasi ternyata yang membodohi….. hancur kan ketidak adilan di bumi pertiwi…

  53. Kenaikan pajak bikin menjerit sana sini. Udah kena listrik,bahan pokok,BBM skrg pajak. Menang bener hebat ni pemerintah. G dapat pemasukan dari hasil bumi karena d ambil luar skrg rakyat lah yang menderita karena besarnya pajak yg d tanggung. Sungguh hebat ini pemerintah

  54. Lagu koes plus sdh ga Ga jaman. Dh ga ada kolam susu tpi dh gantj kolam air mata?? ya selogan jawa dh ga ada lagi Yg indah di denger.

  55. Makanya milih pemimpin jangan dari pengusaha, inilah akibatnya segala bentuk dihitung untung dan rugi, malah bila perlu untung gede,, rakyat dijadiin pasar,,,lihat aja dari mulai F1 dan F2 nya pengusaha,,, ketum partai jg pengusaha,,,, jadi gak bakalan kepikiran nasib rakyat,,,

  56. Mau yg bayar tiap thn ke …atau yg lima thn sekali ke…ttp sj kan ujung ujungnya naik jg…pemerintah sudah puyeng x … Cari duit kemana lg…beli motor harus maksain…masa iya bayar pajaknya harus maksain jg…kasihan jd wong cilik

  57. Aq gak bisa comentar apa apa karna dari A smp z isinya tentang itu itu aja menjelek jelekan pemimpin dan mengeluh akan nadib kita rakyat miskin biarlah mereka yg punya kuasa…kita jangan terbawa suasana ingat semua akan berputar….kita gk selamanya diperlakukan begini…allah akan balas semua

  58. gini loh mas pemerintah juga udah mikirin baik buruknya kebijakan yang mereka ambil, gak serta merta mereka ambil secara sepihak. dampak negatifnya emang banyak tapi kan pemerintah juga mikir buat ke depannya bisa aja kalo pajak ga dinaikin per rumah bisa punya 2-3 motor gara2 pajak murah, kebanyakan orang kan pada mikirnya lebih praktis pke kndaraan pribadi, anak sekolah aja pada bawa motor sendiri, kebayangkan kalo punya 2 anak blm istri,kira2 10 tahunan kota kecil aja bisa kaya jakarta kaya.a.

  59. Ya aa.yg komentar wong gede ya bkn wong cilik.hrsy sbg msrkt indonesia qt hrs bangga.(dagelen ya mas.india pya tajmahal.indonesia pya bnsin mhl.pya pjk mhl dll yg mhl mhl)qt wajib bedoa utk kebaikan bangsa.salam tauhid

    • Kalau gak di bayar ya mesinya dilepas. He..he..he… kantjadi bukan kendaraan bermotor jadi gak perlu bayar pajak.

    • Kalau gak di bayar ya mesinya dilepas. He..he..he… kan jadi bukan kendaraan bermotor jadi gak perlu bayar pajak.

  60. kemarin untuk mobil box granmax aja dari pajaknya 1 jtan tambah tetek bengek masa jadi 2 jtan plus tetek bengek,gede banget naiknya,yg belum mengalami kenaikan silahkan saja menikmati indahnya kebijakan pemerintah bentar lagi listrik naik,ini itu naik,selamat menikmati

  61. PEMASUKAN NAIK>>>> BUAT NAIKIN TUNJANGAN PEJABAT>>>> YG SETUJU CM ORANG KOPLAK
    SOK TEORITIS….. PALALU BOTAK>>> DENGKULMU MLOCOT… DUANCUK

  62. Yaah.. kita kan sebagai warga negara indonesia, mampu tdk mampu atau siap tdk siap, tetep W.N indonesia kan..
    iya toh.?

  63. Gila bayar pajak motor pertama 2.185.000; beat 2016. Ya allah…rasanya gak sanggup. Bisa dicicil gak itu bayarnya pak.

  64. Mau naik 100% ataupun 500% gak masalah buat pejabat karena bisa didapat dari memeras wong cilik, sedang wong cilik hanya bisa meras otak untuk bayar pajak.

  65. sya dulu pertama dapat STNK pajak tertera 1jt.n tapi setelah bayar di samsat cuma habis 214.000 sajaa .
    jadi jangan kaget hehe

    #akhmad

  66. rakyat kecil sudah susah pak ….jangan buat susah lagi lah…..rakyat ingin hidup tentram dan berkecukupan dalam segala hal….kapan makmurnya rakyat kecil kalo terus begini???? banyak fakta yang kami temui di sini contoh: jalan2 banyak yang rusak..gak keurus sampai banyak menimbulkan korban,TDL naik,BBM naik…udahlah lah pak jangan bebani kami lagi..

  67. Wah wah parah naik pajaknya, belum lagi pajak progresif pindah menurut kartu keluarga bukan perorangan lagi, pintar ya nyari uangnya, dimana nh kpk?
    Pertamina aja bisa nurunin harga masa pajak ga bs naik pelan2… Kecewa

  68. Maaf… khusus RAKYAT KECIL dilarang mempunyai kendaraan bermotor. Karena pasti kehabisan uang demi membayar pajak daripada membeli gas 3Kg. Belum lagi membayar ongkos anak sekolah serta kontrakan. qiqiqiqqiqiqiqqii

  69. Komentar: tahun ini kita mengalami kesusahan presiden yang membuat kita kesusan dialah yang harus mengurangi beban kita tapi malah menambah beban,,,, di tahun ini semua makin naik dari mana kita dapat uang sebesar itu gaji pns belum segitu,, apalagi gaji pns tidak di naikkan sekarang makin susah sekali

  70. Klo saya mah…kura setuju deh…berat dipekerjakan saya yg hanya profesinya sebagai grab bike, oh Tuhan…..tolong kami….

  71. Materrrr q materq.. Monggo midungo mawon Mugi enggal mandap pajek’ipun. Supoyo Rakyat boten pdo susah lan resah anggonipun mikir pajek. Aminnn

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here