Arab Saudi Pilih Menggempur Syria Bersama Amerika - JPNN.COM

jpnn.com, RIYADH – Arab Saudi akhirnya menunjukkan bukti bahwa Iran terlibat dalam serangan terhadap fasilitas minyak Aramco. Bukti itu adalah serpihan peluru kendali jelajah dan drone.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Kolonel Turki al-Maliki mengatakan, sebanyak 25 drone dan rudal dipakai menyerang dua pabrik minyak milik Aramco pekan lalu. Termasuk di antaranya, drone Iran Delta Wing dan rudal jelajah Ya Ali.

“Serangan berasal dari arah utara dan tak dapat diragukan lagi didukung oleh Iran. Bukti yang anda lihat disini membuat mereka (Iran) tak bisa berkutik lagi,” kata dia saat konferensi pers. Menurut Maliki, otoritas masih melakukan penyelidikan guna menentukan titik pasti peluncuran.

Iran membantah keterlibatan apapun dalam serangan yang mulanya mengurangi produksi minyak Arab Saudi. Seorang penasihat presiden Iran mencuit di Twitter bahwa konferensi pers tersebut membuktikan Arab Saudi tak tahu apa-apa.

Kelompok al-Houthi Yaman yang bersekutu dengan Iran, yang memerangi koalisi militer pimpinan Saudi, mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. (ant/dil/jpnn)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.