JawaPos.com – Tidak lelah meningkatkan layanan terhadap konsumen menjadi salah satu cara PT 3M Indonesia mempertahankan pelanggan. Termasuk merambah layanan dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan teknologi digital. Lewat aplikasi e-Warranty, produsen kaca film itu mengukur kepuasan para pelanggan terhadap layanan purnajual mereka.

Division Head Commercial Solutions 3M Razi Raziansyah mengatakan bahwa konsumen zaman sekarang sangat bergantung pada telepon pintar. Maka, aplikasi berbasis digital menjadi sarana ideal untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. ”Aplikasi ini mendekatkan kami dengan konsumen,” ujarnya kemarin (20/9). Dia menambahkan, aplikasi tersebut ada sejak tahun lalu. Namun, tingkat kegunaannya baru meningkat belakangan.

Kehadiran garansi digital membuat konsumen tidak perlu lagi menggunakan kartu garansi untuk mendapatkan layanan purnajual. Mereka hanya perlu mendaftarkan produk yang mereka beli lewat e-Warranty. Aplikasi itu juga bisa memproteksi hak konsumen untuk mendapatkan barang-barang berkualitas. Tepatnya orisinal.

Aplikasi tersebut memungkinkan konsumen mendapatkan layanan di diler authorized 3M di mana pun. Namun, untuk sementara ini, layanan e-Warranty itu hanya berlaku bagi konsumen baru. Tepatnya mereka yang baru saja membeli produk 3M. Bagi konsumen lama, menurut Razi, 3M akan tetap memberikan layanan maksimal asal bisa menunjukkan kartu garansi.

Aplikasi yang belakangan makin populer tersebut diharapkan Razi bisa meningkatkan kinerja pertumbuhan 3M. Dia berharap, kinerja mereka meningkat 10–15 persen pada tahun ini.

”Sebenarnya tidak mengacu target secara langsung. Diharapkan, e-Warranty ini meningkatkan kenyamanan dan keamanan konsumen agar bisa mendorong pertumbuhan kinerja pada tahun ini,” pungkasnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.