Coba MRT ke Kantor, Anies Ungkap Satu Kekurangannya!
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat peresmian MRT @Netralnews

MALANGTODAY.NET – Peresmian Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta menjadi perbincangan hangat publik tanah air. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mencoba menjajalnya saat hendak menuju kantornya di Balai Kota. Pada saat itu, ia melihat satu kekurangan dalam moda transportasi yang disebut akan mengurai kemacetan di ibu kota. Apa itu?

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (25/3/2019), Anies menguraikan beberapa kekurangan yang dimiliki MRT. Hal pertama yang disoroti adalah akses yang harus dilewati penumpang. Untuk akses dari Halte Transjakarta ke Stasiun Bundaran HI, saat ini yang baru tersedia adalah tangga. Ada sekitar 63 anak tangga yang harus ditempuh dan belum ada akses untuk disabilitas.

“Karena ini dibuat masih menggunakan tangga jadi bagi penyandang disabilitas itu harus menggunakan eskalator atau lift” jelas Anies.

Menurutnya, hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pasalnya, setiap pembangunan harus terintegrasi untuk memenuhi setiap kebutuhan pengguna transportasi, termasuk halnya disabilitas.

“Kita berharap di fase berikutnya semuanya sudah disiapkan untuk seluruh warga, siapapun mereka,” tambahnya.

Adapun terkait foto-foto viral yang memperlihatkan banyak sampah berserakan di stasiun MRT, ia tak ambil pusing. Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, hal ini dirasa wajar karena antusiasme masyarakat yang tinggi. Ia jamua mnegingatkan bahwa dengan adanya MRT, masyarakat perlu waktu untuk menyesuaikan budaya.

“Tidak bawa makanan itu sudah terjadi kemarin, ini yang terus kita lihat. Di Transjakarta aja bisa pelanggan tidak makan, apalagi di MRT. Jadi nanti kita edukasinya juga bersama-sama,” kata mantan Rektor Universitas Paramadina itu. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.