Anies Kirim Jokowi Proposal Pembangunan Jakarta 10 Tahun, Bakal Dua Periode?
Joko Widodo (kiri) dan Anies Baswedan @Kanigoro

MALANGTODAY.NET – Pembangunan Mass Rapid Trans (MRT) di Jakarta menjadi buah bibir dalam beberapa waktu terakhir. Terkini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dikabarkan sedang mengajukan proposal pembangunan ibukota kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo. Dalam proposal itu, rentang anggarannya akan digunakan selama 10 tahun. Optimis, Bung Anies?

Dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (20/3/2019), Anies mengajukan propoesal berisi anggaran sebesar Rp571 triliun untuk membangun Jakarta. Rencananya, dana tersebut akan dialokasikan untuk penambahan jalur MRT dan pembenahan perlintasan sebidang di wilayah ibukota.

“Itu (Rp571 triliun) adalah anggaran pembangunannya. Jadi misalnya kita akan membangun MRT sekarang baru 16 Km nanti akan dibangun 231 Km. LRT lebih dari 120 km akan dibangun,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia itu juga menerangkan bahwa penanganan di sektor transportasi saat ini masih menjadi permasalahan Pemprov DKI. Ia mengaku merencanakan banyak hal, mulai dari perlintasan sebidang guna memangkas waktu tunggu di perlintasan kereta api,dan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) serta jogging track dan bike track.

Tak hanya transportasi, anggaran tersebut juga akan dialokasikan untuk membangun sistem air bersih. Nantinya, Pemprov DKI akan mengelola air bersih sendiri.

Adapun untuk pembiayaannya, mantan Rektor Universitas Paramadina itu akan mengusahakannya lewat pinjaman dan APBD. Ia mengklaim bahwa Pemprov DKI masih mampu untuk membayar utang triilunan rupiah asal dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

“Kalau dibagi 10 tahun itu Rp50an triliun kalau dibayar 40 tahun 50 tahun bisa bayar segitu. Kalau misalnya kita DKI bayar pinjaman 30 tahun dengan nilai seperti itu ya sangat memungkinkan,” tutur Anies.

Pertanyaannya pak, yakin masih pimpin Jakarta sampai waktu yang ditentukan itu? (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.