Bela Penumpang MRT Makan di Stasiun, Anies: Saya Miris!
Anies Baswedan saat uji coba MRT Jakarta @Liputan6

MALANGTODAY.NET – Foto viral yang memperlihatkan penumpang Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang makan di stasiun turut menjadi sorotan Gubernur DKI Jakarta. Alih-alih ikut mengutuk seperti netizen pada umumnya, Anies justru membela mereka. Ia juga menyesalkan pihak-pihak yang malah mencela para penumpang tersebut.

Dilansir dari DetikNews, Selasa (26/3/2019), Anies memaklumi perilaku masyarakat penumpang MRT Jakarta yang seperti ‘piknik’ itu. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari proses pembelajaran setiap orang yang belum pernah menggunakan moda transportasi apapun.

“Nah ini, jangan merendahkan, jangan menghina, jangan mengejek, kita semua mengalami proses pembelajaran, tidak semua orang pernah naik kendaraan apa pun. Ada yang baru naik pesawat pertama kali juga ada di bangsa kita ini,” ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menggunakan analogi orang yang pertama kali naik pesawat dan kereta api. Setiap orang perlu melakukan pembiasaan terhadap tata aturan tertentu, termasuk halnya MRT. “Nah ini ada proses pembelajarannya, mari kita lakukan sama-sama proses pembelajaran itu,” imbuhnya.

Anies kemudian mengimbau kepada seluruh masyarakat Jakarta agar menganggap warga yang ‘piknik’ di MRT itu layaknya saudara sendiri. Ia merasa miris dan meminta agar kejadian serupa tak boleh terulang lagi.

“Hargai semuanya sebagai saudara sendiri, ini saudara sebangsa kok, jangan rendahkan, sama sekali jangan pernah direndahkan, justru kalau melihat seperti itu, yuk kita beritahu caranya. Saya miris betul melihat difoto, diejek, diviralkan dengan wajah yang ada di situ, tak baik itu,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo menyebut kehadiran MRT Jakarta adalah budaya baru. Maka dari itu, secara tidak langsung ia meminta warga untuk membiasakan dengan hal baru ini. “Ini adalah sebuah budaya baru karena merupakan yang pertama di Indonesia,” tegasnya saat peresmian MRT, Minggu (24/3/2019) lalu. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.