Tim saintis muda SMAN 6 Malang mengharumkan nama Indonesia dalam ajang International Young Scientists Innovation Exhibition (IYSIE) di Hotel Mandarin Court, Kuala Lumpur, Malaysia, 8–12 Juli 2019 lalu. Tim ini mempersembahkan dua medali perunggu.

Tim tersebut terdiri dari Dewi Aprilia Lintang, Roisatul Khurin Ain, David Rahmad Khusadani, Armadito Ababiluna, dan Shafa Camila Oktania.

Perlu diketahui, event tersebut merupakan inovasi ilmuwan muda berskala internasional dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia bekerja sama dengan Malaysia Young Scientists Organization (MYSO).

”Bersyukur saja. Kami sudah berusaha kasih yang terbaik. Mudah-mudahan nanti bisa mempersembahkan medali emas,” kata Dewi Aprilia Lintang, anggota tim saintis muda SMAN 6 Malang, kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan sekitar 15 negara. Di antaranya Malaysia, Indonesia, Korea, Vietnam, Thailand, India, dan Singapura. ”Ada sekitar 15 negara yang ikut berpartisipasi,” ungkapnya.

Sedangkan karya yang diangkat tim tersebut adalah Optimalisasi Ampas Tebu menjadi Biogas sebagai Energi Ramah Lingkungan.

Di mana inti dari karya ini adalah memanfaatkan limbah tebu sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. ”Kami ingin ada nilai lebih dari ampas tebu,” terang dia.

 

Pewarta :*
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.