Akhir Tahun 2017, Tiongkok Akan Tutup Pasar Gading Domestik
gading gajah (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Pemerintahan Tiongkok telah mengumumkan bahwa negaranya akan menutup pasar gading domestik pada akhir 2017.

Pengumuman ini datang lebih setahun yang lalu setelah presiden Tiongkok, Xi Jinping dengan presiden Amerika Serikat pada saat itu Barack Obama sepakat untuk memberlakukan larangan ekspor dan impor gading. Perjanjian ini digadang-gadang cara yang paling ampuh untuk menekan industri perburuan ilegal gajah liar yang ada.

Perjanjian tersebut diperkuat dengan komitmen masyarakar internasional untuk menutup pasar gading domestik pada bulan Oktober tahun lalu.

Wakil presiden kebijakan internasional Wildlife Conservation Society,  yang bermarkas di New York, Sue Lieberman, mengatakan bahwa Tiongkok adalah pasar gading terbesar.

“Tiongkok merupakan pasar terbesar, baik untuk gading kecil maupun yang besar dan mahal”, ungkap Lieberman

Di tahun 2017 ini, Tiongkok memiliki 34 produsen gading dan 130 berlisensi yang menjual gading. Lewat pengumuman ini, Pemerintah negara ini akan melakukan pencabutan lisensi secara bertahab pada bulan Maret 2017 dengan tujuan mendorong para produsen gading untuk menggunakan material lainnya.

Lieberman menambahkan, pihaknya akan berkerja keras untuk menutup pasar gading di Tiongkok yang ditargetkan akan rampung di tahun 2021.Dengan penutupan ini diharapkan cara yang paling ampuh untuk menyelamatkan mamalia terbesar di darat ini.

“Satu-satunya cara untuk menyelamatkan gajah ialah menutup pasar gading mereka”, pungkasnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here