MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Bila buku sebagai jendela ilmu pengetahuan, maka perpustakaan adalah gudangnya. Karena perpustakaan menyimpan buku-buku dan beragam jenis informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengunjungnya.

Akan tetapi keterbatasan masyarakat terutama anak-anak dalam hal mengaksesnya menjadi kendala tersendiri, jarak yang jauh dari tempat tinggalnya menjadi salah satu kendala.Salah satunya yang dialami oleh Paud Annisa Aisyiyah yang berada di Ujung Utara Kota Balikpapan.Untuk mengunjungi perpustakaan yang ada di pusat kota Balikpapan membutuhkan perjalanan hingga kurang lebih 30 kilometer.

Hadirnya perpustakaan keliling seolah menjadi salah satu solusi masyarakat untuk dapat mengakses perpustakaan. PKPU sebagai Lembaga Kemanusiaan yang concern juga terhadap dunia pendidikan memperhatikan masalah ini dengan program Perpustakaan Keliling (Perpusling).

Berkeliling dari sekolah ke sekolah dari ujung utara Balikpapan hingga ujung timur Balikpapan, Perpusling PKPU setiap harinya membuka layanan dimana para murid maupun masyarakat sekitar bisa membaca secara gratis dan disediakan juga mainan edukatif yang bisa digunakan oleh anak-anak.

Paud Annisa Aisyiyah merupakan salah satu kunjungan rutin dari tim Perpusling PKPU, walaupun jarak yang dibutuhkan cukup jauh dari kantor layanan PKPU, akan tetapi Angga relawan PKPU tetap dengan semangat mengunjungi lokasi paud Annisa Aisyiyah di Agrowisata KM 23 Balikpapan.

Kedatangan Perpusling PKPU mendapat sambutan hangat dari para murid, guru maupun orang tua murid. Meskipun duduk dibawah dengan beralaskan plastik panjang, murid-murid tetap merasa nyaman membaca buku. Nampak para guru juga ikut memilih dan menemani muridnya untuk memilih buku bacaan.

Adel salah satu murid mengaku senang atas kehadiran perpustakaan keliling di sekolahnya. “Senang sekali kak banyak banget bukunya  adel bingung mau baca yang mana  bukunya bagus-bagus, toko buku disini jauh untung ada perpustakaan keliling ke sekolah Adel bisa baca buku deh,“ ucapnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda