KOTA MALANG – Menyambut Idul Adha 2019, Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak muslim sedunia meluaskan kebahagiaan qurban di pelosok Indonesia hingga berbagai belahan dunia. Jumat (19/7), Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap bersama Malang Strudel menjalin kerjasama sekaligus seremonial peluncuran program qurban dengan mengangkat tema “Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia”.

Dalam rangkaian acara itu, Global Qurban-ACT mengajak para stakeholders yang terdiri dari media, mitra, donatur, komunitas, koorporasi dan beberapa tokoh untuk menjadi bagian dari fitur kemudahan berqurban melalui kasir di seluruh jaringan outlet Malang Strudel. Global Qurban juga mengimbau umat Islam sedunia untuk mengakselerasikan kedermawanan, yaitu tidak hanya meraih takwa melalui ibadah qurban, namun juga berbagi kepada sesama.

Peluncuran program “Kemudahaan Berqurban Melalui Kasir Malang Strudel” yang dilaksanakan di Ballroom Malang Strudel Semeru, Kota Malang, ini membawa nuansa berbeda. “Kami mengajak sahabat-sahabat dermawan semua untuk merasakan langsung pengalaman berqurban melalui kasir di seluruh outlet Malang Strudel. Hal ini merupakan untuk pertama kalinya di Indonesia sebuah pusat belanja oleh-oleh membuka layanan kemudahan berqurban. Pastinya, hal ini mampu meluaskan manfaat dari ibadah yang sangat dianjurkan,” jelas Diki Taufik Sidik, Branch Manager Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap cabang Malang.

Pada implementasi program Global Qurban 2018 di Desa Nanggela, Tana Toraja misalnya, saat itu, masyarakat setempat mengaku ada yang sejak 50 tahun lalu tidak pernah merasakan daging qurban. Pemotongan hewan qurban dari Global Qurban merupakan pengalaman perayaan Lebaran Qurban pertama bagi masyarakat sekitar. Selain itu, Somalia, negara dengan angka kemiskinan hinggal level 82 persen, juga menjadi salah satu negara yang menjadi target program Global Qurban.

“Dari cerita pengalaman di berbagai target program kami, ibadah qurban bukan sekadar aktivitas penyembelihan hewan. Lebih dari itu, qurban memiliki dimensi aktivitas ritual ibadah, syiar dakwah Islamiyah, kebermanfaatan sosial, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam penyediaan dan pendistribusian hewan qurban,” tambah Diki.

Di dalam pengelolaan profesional Global Qurban, terdapat filantropi Islam berbentuk wakaf sebagai penggerak utamanya. ACT menginisiasi Global Wakaf Foundation sebagai lembaga yang khusus mengelola filantropi dan kebermanfaatan wakaf. Salah satu program masterpiece-nya adalah Kawasan Wakaf Terpadu (KWT) Blora. Dalam KWT ini, terdapat Lumbung Ternak Wakaf (LTW) yang mengelola implementasi wakaf dalam penyediaan hewan qurban.

Dalam penyediaan hewan qurban, program LTW menyerap banyak sumber daya manusia (SDM) di berbagai daerah. LTW melibatkan para peternak dan petani daerah untuk mengelola stok hewan qurban dengan pola pemberdayaan yang menyejahterakan. Sehingga, roda ekonomi masyarakat di wilayah implementasi GQ terus bergerak.

Gunarianto selaku General Manager Malang Strudel mengungkapkan, “Di era modern, sebuah perusahaan harus senantiasa membuat terobosan-terobosan baru dalam menciptakan produk-produk inovatif untuk terus tumbuh dan bertahan dari segala persaingan. Kami meyakini, memperluas kolaborasi dengan berbagai mitra akan semakin menguatkan positioning perusahan di mata konsumen. Karenanya, kerjasama pembukaan layanan kemudahan berqurban melalui kasir Malang Strudel.

Diharapkan mampu menjembatani serta mempermudah para konsumen untuk menunaikan amalan terbaik qurbannya tahun ini. sekaligus kami memberikan promo bagi mudhohi/pengqurban yang ingin menunaikan qurbannya melalui Malang Strudel akan medapatkan promo buy 1 get 1 untuk All variant produk malang strudel” ungkapnya.

Selain itu, Gunarianto atau yang biasa disapa “Pak Gun” ini menambahkan, kami mengetahui bahwa program “Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia” hadir karena Malang Strudel meyakini Indonesia masih dipenuhi oleh masyarakat yang memiliki jiwa dermawan. Pilihan program dari Global Qurban sejatinya dapat meringankan para dermawan menunaikan ibadah qurban setiap tahunnya.

Tuntutan dan perkembangan zaman dalam menghadirkan kemudahan bertransaksi menjadi ikhtiar utama yang dijalankan melalui gerai Malang Strudel, marketplace, crowdfunding, dan situs web globalqurban.com.

Dalam kesempatan yang sama. Abidin Hanif selaku Partnership Strategic menerangkan bahwa Global Qurban terus meningkatkan jejaring kemitraan yang artinya menambah lagi opsi kemudahan berqurban. Jejaring lokal bertambah, jejaring luar negeri diluaskan, saling berkolaborasi, menyukseskan perayaan akbar lebaran qurban.

“Insya Allah di tahun ini, kami niatkan untuk menyalurkan 100.000 qurban setara kambing yang akan menyasar kembali 34 provinsi di Indonesia dan menjangkau 50 negara, serta menyapa 7.500.000 penerima manfaat warga prasejahtera, wilayah konflik, dan bencana. Setiap elemen masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk menunaikan ibadah sekaligus menebarkan kebaikan. Insya Allah, pahala qurbannya dapat pahala wakafnya juga mengalir terus-menerus dan berkelanjutan,” tutup Abidin.

Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: ACT Malang

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.