Usai Lombok, Gempa Guncang Kabupaten Malang
Ilustrasi Gempa Bumi (Foto: Infosiaga)

MALANGTODAY.NET – Gempa bumi berkekuatan sekitar 5,6 Skala Ritcher kembali mengguncang wilayah pesisir pantai Barat Aceh dan Sabang, pada sekitar pukul 18.48 WIB.

Hasil analisis pendahuluan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan terjadi pada koordinat 6,09 LU dan 93,24 BT dan tepat berada di laut pada jarak 234 km arah barat laut Kota Sabang pada kedalaman 10 km.

“Berdasarkan hasil analisis pada Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, intensitas gempabumi dirasakan di Banda Aceh dan Meulaboh dengan intensitas II SIG-BMKG atau setara dengan III MMI, sedangkan di Pidie Jaya dan Lhokseumawe I SIG-BMKG atau I-II MMI. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan sebagai dampak gempa bumi,” ujar Kabid Mitigasi, Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono seperti dilansir dari Okezone.

Dikatakan pula, gempa bumi termasuk kategori dangkal, dan terjadi akibat aktivitas subduksi pada bidang kontak antara lempeng India yang menyusup terhadap lempeng mikro Burma. Lempeng India adalah bagian dari lempeng besar India-Australia yang bergerak ke utara dan timur laut dengan kecepatan 6 cm/tahun.

Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami, sehingga masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu gempa menyebabkan tsunami. Hingga saat ini BMKG belum mengumumkan akan ada gempa susulan.

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.