Abu Bakar Ba'asyir @nusantaranews
Abu Bakar Ba'asyir @nusantaranews

MALANGTODAY.NET – Pemilu 2019 menyisakan dua hari lagi menuju pencoblosan. Namun, ada yang mengejutkan dari terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir. Dia mengaku tidak akan menggunakan hak pilihnya pada 17 April nanti.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Abdul Aris membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan tidak keberatan dengan sikap tersebut. Menurutnya hal tersebut merupakan hak Abu Bakar Ba’asyir.

“Yang bersangkutan (Abu Bakar) menyampaikan ke Kalapas Gunung Sindur, sudah menyampaikan tidak akan menggunakan hak pilih,” ucapnya seperti dilansir dari Detiknews, pada Senin (15/4/2019).

Meski demikian, pihaknya tetap memfasilitasi pencoblosan untuk narapidana yang ingin menggunakan hal pilih, termasuk juga narapidana teroris yang ada di Rutan Gunung Sindur. Sebanyak 178 napi teroris di rutan tersebut, 112 napi di antaranya mendapatkan daftar pemilih tetap (DPT).

Terpisah, sebanyak 63 tahanan KPK juga akan menggunakan hak pilihnya di rutan KPK. Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan panitia TPS 012 Guntur untuk pencoblosan bagi warga binaan KPK.

“Sekitar 63 orang tahanan KPK akan difasilitasi pemungutan suara di Rutan KPK. 63 orang tersebut hanya yang ditahan di Rutan Cab. KPK dari 3 lokasi, yakni Gedung Lama KPK di C1, belakang Gedung Merah Putih KPK di K4, dan Rutan Guntur,” ucapnya.

Sementara bagi tahanan KPK yang dititipkan pada rutan lainnya, akan mengikuti pencoblosan pada masing-masing rutan. “Sedangkan tahanan lain yang dititipkan di rutan lain, mengikuti proses dan penyelenggaraan di rutan tersebut,” lanjutnya.

Untuk tersangka Romahurmuziy (Rommy), kata Febri, juga masuk di dalam jumlah 63 tersebut. Hanya saja Rommy masih menjalani perawatan di RS Polri. “Sampai saat ini masih pembantaran di RS Polri. Kami belum mengetahui apakah Rabu sudah kembali untuk mencoblos atau belum,” tandasnya. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.