Pahlawan Nasional Abdurrahman Baswedan - Foto Tribunnews
Pahlawan Nasional Abdurrahman Baswedan - Foto Tribunnews

MALANGTODAY.NET – Besok (10/11/2018) akan diperingati hari Pahlawan. Berapa banyak sih pahlawan yang kamu ketahui? Wah, rupa-rupanya banyak juga nih, pertahankan! Kalau sama Abdurrahman Baswedan kamu pernah dengar belum? Kalau belum, yuk simak fakta-fakta Abdurrahman Baswedan yang merupakan kakek Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini.

Lahir di Surabaya

Pria bernama asli Abdurrahman Baswedan ini lahir Surabaya, 9 September 1908.

Anggota BPUPKI

Dikutip dari IDNTimes, Abdurrahman Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Ia diangkat sebagai anggota dengan mewakili golongan Arab.

BACA JUGA: Jalan-jalan ke 5 Kios Kekinian di Pasar Santa Jakarta Ini Yuk

Wakil Menteri Penerangan Indonesia ke-2

Abdurrahman Baswedan pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Penerangan Indonesia ke-2 pada kabinet Sutan Sjahrir. Posisi ini sebelumnya dijabat oleh Ali Sastroamidjojo.

Anies Baswedan dan Abdurraman Baswedan - Foto TribunAsia
Anies Baswedan dan Abdurraman Baswedan – Foto TribunAsia

Seorang penulis

Diketahui, ia pernah menullis di sebuah surat kabar harian Semarang, Matahari. Sebagai keturunan Arab, ia gencar memperjuangkan keturunan Arab untuk masuk dalam bangsa Indonesia. Ia juga mengajak warga-warga keturunan Arab untuk ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Ia juga sering menuliskan ajakan-ajakannya melalui tulisan. Berkat tulisan-tulisannya itupun ia dipercaya menjadi redaktur pada harian Sin Tit Po di Surabaya pada tahun 1932. Media lain yang pernah ia pimpin yaitu Suara Umum.

Dari karir kepenulisannya, ia pun menerbitkan beberapa karangan. Diantaranya berjudul Debat Sekeliling Partai Arab Indonesia (1939), Sumpah Pemuda Indonesia Keturunan Arab (1934), Rumah Tangga Rasulullah (1940), Menuju Masyarakat Baru yang merupakan drama lima tingkat, dan AR Baswedan : Revolusi Batin Sang Perintis (2016).

Rasa Nasionalisme Sangat Tinggi

Rasa nasionalisme tinggi yang dimilikinya nampak dari nama putra bungsunya, I Melati Baswedan.

“I Melati itu kepanjangan, Indonesia Merdeka Lekas Akan Tercapai Insyaallah. Seperti membaca bahwa bulan depan Allah mentakdirkan kita merdeka,” ujar Anies Baswedan di Istana Negara dikutip dari jpnn.com (8/11/2018).

Kakek Anies Baswedan

Ya, Abdurrahman Baswedan adalah kakek dari Gubernur DKI Anies Baswedan. Tak heran, Anies Baswedan turut hadir di Istana Negara (8/11/2018) sebagai ahli waris untuk menerima penghargaan dari presiden. Selain menjadi kakek dari Anies Baswedan, sosok pahlawan nasional ini juga kakek dari penyidik KPK, Novel Baswedan.

BACA JUGA: Ternyata Ini Sosok yang Akan Dipilih Anies Baswedan sebagai Wagub DKI

Wafat di Jakarta

Saat Anies Baswedan nyekar di makam kakeknya - Foto Kompas
Saat Anies Baswedan nyekar di makam kakeknya – Foto Kompas

Abdurrahman Baswedan meninggal di Jakarta pada 16 Maret 1986 dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir.

Dianugerahi Gelar Pahlawan pada 2018

Gelar pahlawan didapatkan Abdurrahman Baswedan pada November 2018. Pemberian gelar ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 123/TK/2018.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...