KPU Optimis Partisipasi Masyarakat untuk Nyoblos Lampaui Target, Heboh, 6 Tuhan di Jember Ikut Tentukan Nasib Capres-Cawapres 2019
Ilustrasi Pemilu 2019 @Istimewa

MALANGTODAY.NET Sebanyak enam Tuhan akan ikut menentukan siapa pasangan yang akan memenangkan capres dan cawapres 2019 mendatang. Para Tuhan tersebut juga telah masuk di daftar pemilih tetap (DPT) Komisi Pemilihan Umum di Jember, Jawa Timur. Bukan seperti yang banyak orang bayangkan, Tuhan merupakan nama dari para warga Jember itu sendiri.

Anggota KPU Jember Ahmad Hanafi juga mengaku kaget mendengar hal itu. Namun keenamnya dipastikan dapat menggunakan hak pilihnya 17 April 2019 mendatang di Jember.

“Kami juga kaget, tapi benar-benar ada warga yang masuk DPT bernama Tuhan. Ada 6 orang Tuhan yang terdaftar dan bisa menggunakan hak pilihnya di Jember,“ kata Ahmad Hanafi seperti diberitakan Antara, Rabu (27/2/2019).

Ahmad Hanafi menjelaskan enam warga bernama Tuhan tersebut tersebar di lima kecamatan. Satu orang di Kecamatan Arjasa, Kecamatan Balung, Kecamatan Patrang, Kecamatan Kencong, dan dua Tuhan di Kecamatan Sumberbaru.

Warga bernama Tuhan, disebut Hanafi bukan pertama kalinya masuk dalam DPT Pemilu 2019. Namun sudah terdaftar sebelumnya bahkan dalam DPT pada Pemilu 2014 lalu.

“Nama mereka sudah terdaftar di masing-masing TPS di lingkungan mereka tinggal, sehingga enam nama Tuhan itu menyalurkan hak pilihnya di TPS yang sudah tercatat nama mereka,” tuturnya.

“Jumlah DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Jember sebanyak 1.864.393 pemilih yang terdiri 920.317 pemilih laki-laki dan 944.076 pemilih perempuan yang tersebar di 7.666 TPS berada di 248 desa dan kelurahan di 31 kecamatan di Kabupaten Jember,” katanya.

Bahkan nama Tuhan sempat lebih banyak dari Pilkada di Jember yang digelar 9 Desember 2015 lalu. Nama-nama tersebut sempat tercatat dalam daftar pemilih sementara (DPS).

“Memang benar ada beberapa pemilih yang bernama Tuhan dan nama unik itu ditemukan saat pemutakhiran data pemilih pilkada di tingkat desa dan kecamatan,” kata Ahmad Hanafi kala itu.

Menurut informasi, saat itu ada 11 orang bernama Tuhan yang tersebar di sejumlah kecamatan. Kesemuanya memiliki nomor induk kependudukan (NIK) dan alamat masing-masing. (HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.