6 Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil - JPNN.COM

jpnn.com – Yoga merupakan salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kebugarannya. Selain dapat meningkatkan kebugaran, yoga untuk ibu hamil juga dapat membantu tubuh lebih siap menghadapi persalinan yang akan dijalani.

Menurut dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, yoga dapat dilakukan oleh ibu hamil saat usia kandungannya sudah menyentuh usia 14 minggu. Dalam usia itu, rata-rata ibu hamil sudah lebih kuat dan keluhan muntah-muntah mulai berkurang.

Apabila sudah terbiasa mengikuti kelas yoga ketika belum hamil, Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mengikuti kelas yoga. Ya, Anda bisa melakukan yoga sendiri di rumah. Tentunya dengan memperhatikan gerakan dan posisi yoga yang aman.

“Teknik yoga yang harus dihindari misalnya gerakan memutar. Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dulu sebelum mulai yoga,” dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter mengingatkan.

Manfaat yoga untuk ibu hamil

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat membuat mood berubah-ubah. Saat Anda merasa cemas, takut, dan sakit, tubuh ibu hamil juga menghasilkan adrenalin dan sedikit oksitosin. Berlatih yoga mampu membuat Anda lebih tahan terhadap rasa sakit dan tidak mudah stres. 

Lantas, manfaat apa lagi yang bisa didapatkan ibu ketika melakukan yoga saat hamil? Dilansir dari Parents, berikut penjelasannya:

1. Mendukung perubahan pada tubuh ibu hamil

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.