Selain Suami Inneke, Ini 5 Koruptor yang Menghuni Lapas Sukamiskin
Lapas Sukamiskin (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Lapas Sukamiskin tiba-tiba jadi sorotan pasca terungkapnya kamar sel mewah milik suami Inneke Koesherawati pada Sabtu (21/7).

Lapas yang dibangun sejak tahun 1918 ini sebenarnya biasa aja. Terletak di  Jl. A.H. Nasution No.114, Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik, Kota Bandung, lembaga pemasyarakatan ini menaungi 552 orang.

Baca Juga: Sebentar Lagi! Film Darah Biru Arema 2 Akan Go Nasional!

Lapas atau penjara ini mulai ditetapkan sebagai rumah khusus bagi para koruptor sejak tahun 2012 silam.

Nggak sedikit diantara koruptor Tanah Air yang mendekam dibalik jeruji besi Lapas Sukamiskin.

Dilansir dari idntimes.com, ini dia deretan koruptor yang juga menghuni Lapas Sukamiskin. Kamar selnya mewah juga nggak ya?

1. Gayus Tambunan

Masih ingat dengan sosok Gayus Tambunan? Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Gayus Halomoan Tambunan divonis hukuman penjara atas banyaknya tindak kejahatan yang ia lakukan.

Salah satunya adalah Gayus melakukan korupsi saat menangani keberatan pajak PT Surya Alam Tunggal. Ia juga sempat melarikan ke luar negeri dengan paspor palsu.

Kalau dihitung-hitung, total hukuman penjara bagi Gayus yaitu selama 30 tahun di balik jeruji besi.

Selain Suami Inneke, Ini 5 Koruptor yang Menghuni Lapas Sukamiskin
Gayus Tambunan (Istimewa)

2. Muhammad Nazaruddin

Nazaruddin resmi divonis enam tahun penjara di tahun 2016, akibat tindak korupsi pembangunan Wisma Atlet. Nggak hanya Wisma Atlet, ia juga divonis empat tahun penjara akibat tindak pidana pencucian uang.

Walaupun sempat menang ketika mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Negeri, tetapi ia kalah ketika kasus ini sampai ke meja Mahkamah Agung.

Hukumannya pun ditambah menjadi delapan tahun. Total, rekan Setya Novanto itu mendekam dibalik jeruji besi selama 13 tahun.

Selain Suami Inneke, Ini 5 Koruptor yang Menghuni Lapas Sukamiskin
Muhammad Nazaruddin (Istimewa)

Baca Juga: Ada ACnya, Begini Penampakan Sel Suami Inneke Koesherawati

3. Setya Novanto

Dalang utama dalam kasus korupsi e-KTP baru saja dipindahkan di Lapas Sukamiskin pada Jumat (4/5) kemarin. Dengan mengenakan pakaian yang casual serta sneakers yang kece, Papa pun melenggang masuk ke dalam lapas bintang lima itu. Setya Novanto akan menjalani masa tahanan di penjara tersebut selama 15 tahun.

Baca Juga  Capai Rp 114,769 Miliar, Ini Rincian Harta Kekayaan Setya Novanto
Selain Suami Inneke, Ini 5 Koruptor yang Menghuni Lapas Sukamiskin
Setya Novanto (Istimewa)

4. Anas Urbaningrum

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, divonis 14 tahun penjara dengan denda sebesar Rp. 5 miliar oleh Mahkamah Agung. Sebelumnya, ia sudah divonis 8 tahun penjara di tingkat pengadilan pertama.

Ia terjerat kasus korupsi dan pencucian uang proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON), Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Melalui laporan KPK, Anas juga menerima hadiah janji berupa mobil Toyota Velfire senilai Rp 750 juta, kegiatan survei pemenangan dirinya sendiri senilai Rp 678 juta, uang Rp 116 miliar dan USD 5,2 juta.

Hadiah itu ia terima sebagai suap untuk membantu beberapa perusahaan mendapatkan proyek dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Salah satunya adalah perusahaan milik Nazaruddin, PT Permai Group.

Selain Suami Inneke, Ini 5 Koruptor yang Menghuni Lapas Sukamiskin
Anas Urbaningrum (Istimewa)

Baca Juga: Dari “F*ck Batman” hingga “Shazam!” Ini Dia Film DC Yang Akan Rilis!

5. Ahmad Fathanah

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi koruptor berikutnya yang menghuni Lapas Sukamiskin.

Ahmad Fathanah divonis 14 tahun penjara oleh majelis Pengadilan Tipikor pada tahun 2013 dan denda Rp. 1 miliar. Vonis ini ditetapkan akibat tindak pemberian suap untuk pengurusan kuota daging sapi impor dan tindak pencucian uang (TPPU).

Sempat mengajukan banding, Fathanah justru malah apes dan diberikan hukuman lagi selama 16 tahun oleh Pengadilan Tinggi.

Selain Suami Inneke, Ini 5 Koruptor yang Menghuni Lapas Sukamiskin
Ahmad Fathanah (Istimewa)

Penulis : Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...