5 Fakta KH Ahmad Dahlan, Pendiri Muhammadiyah
KH Ahmad Dahlan @ MerahPutih.com

MALANGTODAY.NET – Tepat hari ini 106 tahun yang lalu, organisasi keagamaan yang hingga sekarang tetap besar berdiri. Organisasi tersebut adalah Muhammadiyah.

Tanggal 18 November 1912, KH Ahmad Dahlan membimbing bebrapa pemuda untuk mendirikan salah satu organisasi keagamaan dan perjuangan yang berpengaruh yaitu Muhammadiyah. Muhammadiyah pertama kali berdiri di kampung Kauman, Yogyakarta.

Tujuan utama KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah adalah untuk mengembalikan syariat Islam sesuai dengan ajaran Al-Quran tanpa terlalu banyak diadaptasi oleh budaya berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Deretan Artis Dunia yang Sukses Pimpin Sebuah Wilayah

Memperingati hari jadi Muhammadiyah, yuk mengetahui 5 fakta tentang pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

Naik Haji di Usia 15 Tahun

Saat masih berumur 15 tahun, Ahmad Dahlan remaja telah berangkat ke Mekkah, Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji. Setelah haji, beliau tidak langsung pulang, melainkan menetap di sana selama 5 tahun untuk mendalami pemikiran-pemikiran pembaharu dalam Islam.

Menikah dengan Sepupunya Sendiri

Sepulang dari Mekkah, KH Ahmad Dahlan menikahi Siti Walidah yang tak lain adalah sepupunya sendiri. Siti Walidah adalah putri dari Kyai Penghulu Haji Fadhil. Istri pertama Ahmad Dahlan ini kelak dikenal dengan nama Nyai Ahmad Dahlan.

Baca Juga: Virus SARS dan Beberapa Wabah Lain yang Sempat Viral di Indonesia

Dituduh Hendak Dirikan Agama Baru

Dalam perjuangannya mendirikan Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan menemui berbagai hambatan dan rintangan. Salah satunya dari pihak keluarga dan kerabatnya sendiri. Bahkan, KH Ahmad Dahlan pernah disebut-sebut sedang mengajarkan agama baru pada saat pertama kali berdakwah di bawah panji-panji Muhammadiyah.

Punya 5 Istri

Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan bukan satu-satunya istri beliau. Tercatat beliau memiliki lima orang istri yaitu, Siti Walidah, Nyai Abdullah Nyai Rum, Nyai Aisyah, dan Nyai Yasin. Dari kelima pernikahan tersebut, KH Ahmad Dahlan dikaruniai tujuh orang anak.

Kisah Perjuangannya Difilmkan

Baca Juga: Peringati Ultah Komedian Sule, Begini Nasib Dua Finalis API 2005 Saingan S.O.S Dulu

Sutradara Hanung Bramantyo menangkap kisah perjuangan Ahmad Dahlan untuk kemudian diangkat menjadi cerita sebuah film. Film tersebut diberi judul Sang Pencerah. Dalam film Sang Pencerah, sosok KH Ahmad Dahlan diperankan oleh aktor kawakan Indonesia, Lukman Sardi.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...