Ketua DPR Sebut 4 RUU Segera Disahkan, RUU Permusikan Juga Sah?
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo @Breakingnews

MALANGTODAY.NET – Menjelang masa persidangan IV DPR RI, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebutkan akan ada 4 Rancangan Undang-undang (RUU) yang segera disahkan. Bamsoet sendiri merasa optimis soal itu mengingat keempatnya termasuk dalam 34 RUU yang saat ini masih dalam tahap pembahasan.

“Di bidang legislasi, kita mempunyai 34 RUU yang masih dalam tahap pembahasan pada pembicaraan tingkat I antara DPR dan Pemerintah. Baik RUU yang berasal dari DPR, pemerintah, maupun yang datang dari DPD. Kita optimistis empat RUU dapat disahkan menjadi UU pada masa persidangan ini,” ujar Bamsoet dikutip dari DetikNews, Senin (4/3/2019).

Dilansir dari situs serupa, keempat RUU tersebut adalah RUU tentang Perkoperasian, RUU tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, dan RUU tentang Ekonomi Kreatif.

Bamsoet kemudian mengimbau kepada para pimpinan dan Alat Kelengkapan Anggota Dewan dan pemerintah saling bekerja sama untuk segera merampungkan RUU yang tak kunjung final. Khususnya pemerintah, ia mengimbau agar dapat memberikan solusi terkait penyelesaian pembahasan.

“Pimpinan Dewan meminta kepada seluruh pimpinan dan anggota Alat Kelengkapan Dewan, bersama-sama dengan pemerintah untuk fokus meningkatkan kinerja di bidang legislasi. Mari kita rampungkan RUU yang sudah berlarut-larut dan sudah sangat dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia,” terangnya.

Dari keempat RUU tersebut, belum, ada wacana terkait RUU Permusikan yang beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan. RUU itu akan menjadi salah satu pembahasan yang segera dicarikan solusi penyelesaiannya. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.