Wow! 4 Klub Indonesia Masuk Buku Sejarah 1000 Klub Dunia, Ada Arema?
Daftar Klub Indonesia yang masuk 1000 klub dunia @Fox Sport Asia

MALANGTODAY.NET – Meskipun minim prestasi di ranah internasional, sejarah sepak bola Indonesia patut menjadi perhatian publik. Pasalnya, persepakbolaan Indonesia sudah dimulai sejak lama. Indonesia tercatat pernah berpartisipasi di Piala Dunia 1938 di Perancis dengan nama Hindia Belanda.

Kompetisi sepak bola Indonesia juga telah berkembang sejak 1931. Dimulai dari Liga Perserikatan dan Galatama sebelum akhirnya keduanya dilebur menjadi satu dengan nama Liga Indonesia. Sepanjang berjalannya kompetisi tersebut, klub-klub besar bermunculan dan bergantian menguasai kompetisi. Sebut saja Persija Jakarta, Persib Bandung, hingga Arema Malang.

Baca Juga: Mantan Pemain Arema Semakin Dekat Gabung Persib Bandung

Dalam buku berjudul 1000 Squadra di Calcio yang ditulis oleh penulis asal Italia Jean Damien Lesay, tercatat ada 4 klub asal Indonesia yang mengisi daftar 1000 klub sepak bola dunia. 4 klub asal Indonesia ini bersanding dengan nama-nama besar klub dunia seperti Liverpool, Manchester United, Real Madrid, Barcelona, AC Milan, Juventus, hingga Ajax Amsterdam.

Siapa saja 4 klub Indonesia yang dibukukan dalam 1000 klub dunia? Ini dia daftarnya

Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya @Goal

Klub asal kota Pahlawan berjuluk Bajul Ijo ini merupakan klub tertua Indonesia yang ada dalam daftar ini. Berdiri sejak 1927 dan bermarkas di Gelora Bung Tomo, klub ini telah mengoleksi sekitar 10 gelar juara Liga Indonesia.

Persija Jakarta
Persija Jakarta
Persija Jakarta @Goal

Klub kedua asal Indonesia yang mengisi daftar ini adalah Persija Jakarta. Berjuluk Macan Kemayoran, klub yang berdiri sejak 1928 ini berasal dari ibukota Jakarta. Dalam urusan trofi, tim ini lebih baik dari Persebaya dengan raihan 15 piala nasional dan internasional.

Baca Juga: Medali Emas Pertama Indonesia dan Kisah Sang Mantan Atlet

Persib Bandung
Persib Bandung
Persib Bandung @Goal

Klub asal Kota Kembang ini berdiri sejak 1933. Dengan julukan Maung Biru, Persib total mengoleksi 19 trofi nasional maupun internasional. Klub yang saat ini bermarkas di Gelora Bandung Lautan Api ini sempat menggegerkan publik beberapa tahun lalu dengan mendatangkan bintang internasional asal Ghana, Michael Essien.

Persipura Jayapura
Persipura Jayapura
Persipura Jayapura @Goal

Dari timur Indonesia, ada Persipura Jayapura yang menyusul 3 tiga klub legendaris di atas. Sejauh ini, tim yang mayoritas diperkuat oleh talenta lokal Papua ini mengoleksi 11 gelar sejak berdiri pada 1963. Klub berjuluk  Mutiara Hitam ini merupakan satu-satunya klub asal Indonesia yang mampu bebricara banyak di taraf internasional dengan berhasil mencapai semifinal AFC Cup 2014.

Baca Juga  Takjub dengan Aremania, Faysal Sayesteh: Salam Satu Jiwa

Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...