Wow, Inneke Koesherawati dan 4 Artis Cantik Ini Buktikan Tampang Bukan Jaminan!
Inneke Koesherawati @Breaking News

MALANGTODAY.NET – Publik kembali dikejutkan dengan keterlibatan artis dalam kasus korupsi. Baru-baru ini, Inneke Koesherawati diamankan oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin. Inneke diamankan lantaran diduga terlibat korupsi yang dilakukan oleh suaminya, Fahmi Darmawansyah.

Korupsi sudah menjadi bahaya laten yang mengakar pada masyarakat Indonesia. Tak tanggung-tanggung, aksi korupsi tak hanya identik engan kalangan pejabat saja. Beberapa kalangan artis pernah berurusan KPK karena terlibat kasus korupsi. Ada yang dibebaskan, ada pula yang mendekam di tahanan.

Baca Juga: Mengejutkan, Artis Cantik Ini Terjaring OTT KPK

Siapa saja mereka? Berikut deretan artis cantik yang pernah terlibat kasus korupsi.

Angelina Sondakh
Angelina Sondakh
Angelina Sondakh @Demokrasi

Pemenang kontes kecantikan pada 2001 ini memilih terjun ke dunia politik. Namun nasibnya di dunia politik tak sebaik di dunia hiburan karena ia dinyatakan sebagai tersangka korupsi.

Angelina Sondakh menjadi tersangka kasus korupsi Kementerian Pendidikan Nasional serta Pemuda dan Olahraga. Kasus ini merugikan negara dalam jumlah miliaran rupiah. Mahkamah Agung (MA) memberi vonis 10 tahun penjara atas kasus suap Wisma Atlet.

Kini, ia dikenal menjadi pribadi relijius selama di penjara. Kabarnya, ia rajin mengaji dan telah menghafalkan beberapa surat dalam Al Quran.

Vitalia Sesha
Vitalia Sesha
Vitalia Sesha @Kricom

Artis yang juga model majalah dewasa ini pernah terlibat kasus korupsi pada 2012. Keterlibatannya karena perkenalannya dengan Ahamd Fathanah yang saat itu merupakan tersangka korupsi gratifikasi impor daging sapi dan pencucian uang.

Vitalia terbukti menerima uang sebesar Rp 250.000.000,- dari Ahmad Fathanah. Tak hanya itu ia juga menerima mobil honda Jazz dan jam tangan mewah semilai Rp 70.000.000,-

Baca Juga: Kasus Korupsi Lab MIPA UM, Terpidana Minta Rektor Juga Diusut

Namun Vitalia hanya dinyatakan sebagai korban dan bebas dari hukuman. Namun barang-barang mewahnya disita oleh KPK sebagai barang bukti.

Ayu Azhari
Ayu Azhari
Ayu Azhari @Kapanlagi

Senada dengan Vitalia, Ayu terseret kasus korupsi karena Ahmad Fathanah. Ia diperiksa sebagai saksi karena diduga menerima sejumlah uang dari Fathanah sebesar Rp 20.000.000,-. Ia ditanyai seputar aliran uang yang keluar dan masuk rekening Ayu.

Baca Juga  KPK Kembali Tetapkan Setya Novanto Tersangka Korupsi E-KTP

Ayu bersaksi bahwa uang yang diterimanya itu sampai kepadanya secara bertahap. Awalnya oleh Fathanah, Ayu dijanjikan tawaran pekerjaan namun tak kunjung terealisasi.

Namun pada akhirnya, Ayu Azhari dibebaskan oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) karena uang tersebut tak ada hubungannya dengan korupsi yang dilakukan oleh Fathanah.

Baca Juga: Abah Anton Ajukan Eksepsi Dalam Sidang Lanjutan Nanti

Jennifer Dunn
Jennifer Dunn
Jennifer Dunn @Kumparan

Jennifer Dunn terlibat kasus pencucian uang hasil korupsi yang dilakukan oleh Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan. Ia dipanggil pada 2014 dan mengaku telah menerima credit card dengan limit Rp 50.000.000,- dari Wawan sejak September 2013.

Tak hanya itu, ia juga menerima sebuah mobil mewah dan peralatan syuting dari rumah produksi yang dikelola oleh Wawan. Semua barang tersebut kemudian disita dan dijadikan barang bukti oleh KPK.

Kepada KPK ia mengaku tidak tahu bahwa uang yang diterimanya adalah hasil korupsi. Ia kemudian dibebaskan sebelum akhirnya tertangkap kembali karena kasus narkoba.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar