3 Cara Mudah Cegah Dampak Buruk Penggunaan Earphone

JawaPos.com – Sebagian besar orang mungkin tak bisa melewati hari tanpa musik. Tidak jarang pula kita melihat banyak orang menggunakan pelantang telinga atau dikenal dalam istilah asing earphone atau headset untuk mendengarkan musik. Kebiasaan itu bahkan sudah dilakukan sejak 1980-an dulu, ketika era walkman dan kaset masih berjaya.

Akan tetapi penggunaan earphone yang salah rupanya bisa berdampak pada kesehatan telinga. Malahan ada juga penelitian yang menghubungkan dampak earphone pada kanker.

Namun, earphone yang ada saat ini dinilai bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya biasa dilakukan para pelari sambil mendengarkan musik seiring makin bertambahnya para komunitas lari (runners) di kota-kota besar Indonesia khususnya Jakarta.

Direktur PT Astro International Jonas Prabowo menjelaskan, dengan memahami dan mengerti pemakaian earphone yang benar maka masyarakat justru bisa lebih bersemangat dalam mendengarkan musik. Contohnya bagi para runners juga kaum urban.

“Bagaimana earphone yang dipadukan dengan alunan musik itu diyakini memberikan rasa nyaman dan enjoy. Tanpa kabel yang mengganggu, kait telinga yang pas dan aman yang dapat diatur untuk kenyamanan dan kestabilan yang berkepanjangan,” kata Jonas

Dalam laman NHS disebutkan bahwa ada beberapa cara terbaik untuk melindungi kesehatan pendengaran termasuk memakai earphone yang baik dan benar.

1. Hindari Suara Keras

Cara terbaik untuk menghindari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan adalah dengan menjauhkan diri dari kebisingan keras sebanyak yang kamu bisa. Tingkat kebisingan diukur dalam desibel (dB): semakin tinggi angkanya, semakin keras kebisingan.

Suara apa pun di atas 85dB bisa berbahaya, terutama jika Anda terpapar dalam waktu yang lama. Misalnya jangan mendengarkan musik pada volume penuh melalui headphone 100 hingga 110dB.

2. Gunakan Peredam Bising

Mendengarkan musik keras melalui earphone dan headphone adalah kebiasaan tak baik. Untuk membantu menghindari kerusakan pendengaran, gunakan earphone atau headphone peredam bising dan jangan mendengarkan musik lebih dari 60 persen dari volume maksimum.

3. Jangan Terlalu Lama

Beberapa perangkat earphobe memiliki pengaturan yang dapat digunakan untuk membatasi volume secara otomatis. Jangan gunakan earphone atau headphone selama lebih dari satu jam pada suatu waktu. Istirahatlah setidaknya 5 menit setiap jam. Bahkan dengan sedikit mengecilkan volume dapat membuat perbedaan besar pada risiko kerusakan pendengaran.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.