MALANGTODAY.NET – Hari ini, tepatnya tanggal 27 Oktober para bloger memperingati Hari Bloger Nasional untuk kali kedelapan. Hari Bloger Nasional ini ibarat hari raya bagi para bloger.

Hari Bloger Nasional pertama kali dicetuskan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007. Dimana kala itu ratusan bloger dari seluruh Indonesia berkumpul untuk ngopi darat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia tepatnya Sabtu 27 Oktober 2007. Sejak saat itulah Hari Blogger Nasional terus diperingati setiap tanggal 27 Oktober.

Di media sosial Twitter, hastag #HariBloggerNasional bahkan menempati trending topik paling atas dan semua pengguna twitter berkicau tentang blogger.

Secara luas, blog merupakan singkatan dari web log, bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002

Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda