ilustrasi surat suara (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Pihak berwajib menangkap dua orang yang diduga menjadi aktor di balik penyebaran berita bohong atau hoaks tentang ribuan surat suara yeng tercoblos dalam tujuh kontainer di Tanjung Priok. Penangkapan ini dilakukan pada Jumat (4/1/2019) di dua tempat, Bogor dan Balikpapan.

Kabar ini disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo. Ia juga menyatakan dua orang tersebut berinisial HY dan LS.

“Sudah diamankan dua orang yaitu HY di Bogor, Jawa Barat dan LS di Balikpapan, Kalimantan Timur,” kata Dedi, dikutip dari CNN Indonesia, pada Sabtu (5/1/2019).

Dua orang tersebut diduga berperan aktif menerima dan menyebarkan berita bohong tersebut. Keduanya diduga menggunakan aplikasi WhatsApp serta sejumlah media sosial dalam menjalankan aksi tersebut.

“Dua orang ini terpetakan tim siber yang aktif menerima lalu memviralkan ke media sosial dan grup WhatsApp,” ujar Dedi.

Keduanya kini belum ditetapkan sebagai tersangka dan masih menjalani pemeriksaan. Dedi juga mengatakan bahwa penyidik akan melakukan penyelidikan secara mendalam berdasarkan keterangan kedua orang tersebut.

Hoaks tentang tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos tersebut pertama kali beredar lewan aplikasi pesan WhatsApp. Kabar tersebut bersumber dari rekaman suara orang yang tak dikenal. Dalam rekaman suara tersebut, ia menyatakan bahwa tujuh kontainer yang ditemukan di Tanjung Priok tersebut berisi surat suara yang telah dicoblos untuk paslon nomor urut satu Jokowi-Ma’ruf Amin.

Berita tersebut semakin ramai diperbincangkan lantaran salah satu politisi dari Partai Demokrat, Andi Arief menuliskan kabar tersebut di twitter. Cuitannya tersebut kemudian menimbulkan perdebatan

Usai beredar kabar tersebut, KPU kemudian melakukan pengecekan ke Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea dan Cukai pada Rabu (2/1/2019) malam. Hasilnya, tidak ditemukan tujuh kontainer yang dimaksudkan dalam kabar tersebut. KPU pun menyatakan bahwa kabar tersebut tidak benar alias berita hoaks.


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.