Masa Kampanye, 8 Mobil Esemka Lolos Uji Tipe & Siap Rilis. Dikebut?
Jokowi dan Mobil Esemka @PinterPolitik

MALANGTODAY.NET – Proyek mobil nasional Esemka ini mau dibilang baru tentu tidak karena proyek ini sudah dimulai sejak Presiden Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Akan tetapi, mau dibilang proyek lama ya tidak juga karena belum pernah diedarkan di pasaran.

Namun menjelang Pilpres 2019, proyek mobil nasional Esemka kabarnya akan segera dirilis dan beredar di pasaran. Dari beberapa sumber yang telah dihimpun oleh MalangTODAY.net, setidaknya ada 8 tipe mobil yang telah siap beredar.

Baca Juga: 3 Artis Seksi Jebolan Take Me Out Indonesia, Nomor 3 Miris!

Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida membenarkan kabar tersebut. Telah ada 8 tipe mobil Esemka yang melakukan pengujian di BPLI-SKB dengan waktu pengujian yang berbeda-beda.

Kedelapan tipe mobil Esemka tersebut adalah Garuda I 2.0 (4×4) MT, Bima 1.3 L (4×2) M/T, Bima 1.0 (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Bima 1.3 (4×2) M/T, Borneo 2.7D (4×2) M/T, dan Digdaya 2.0 (4×2) M/T.

Baca Juga: Ingat Winamp? Aplikasi Music Player Legend Ini Segera Comeback!

Dari 8 tipe mobil yang telah ada, mencakupi mobil penumpang, kendaraan angkutan barang bak terbuka, minibus, dan kendaraan kabin ganda. Kedelapan tipe mobil nasional ini juga memiliki bahan bakar yang berbeda; bensin dan solar.

Kementrian Perhubungan sendiri juga sudah mengeluarkan sertifikat uji tipe (SUT) untuk mobil-mobil Esemka. Namun seperti dilansir dari Tempo.com, empat tipe mobil yang berbahan bakar bensin dipastikan belum bisa diproduksi secara massal karena berstandar Euro 2.

Baca Juga: Israel Ngebet ke Indonesia, Kemlu: Indonesia untuk Palestina!

“Kami telah mengeluarkan SUT untuk kendaraan merek Esemka sebanyak delapan tipe,” beber Kepala Humas Perhubungan Pitra Setiawan kepada majalah Bisnis, Rabu, (10/10/2018).


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...