Roti gambang - Foto Instagram @scahputri
Roti gambang - Foto Instagram @scahputri

MALANGTODAY.NET – Roti gambang mungkin terdengar asing di telinga. Roti ini adalah salah satu roti khas masyarakat Betawi.

Makanan warisan dari zaman Belanda ini termasuk dalam jenis roti bolu. Bedanya dengan roti-roti lain, roti ini bertekstur keras. Namun, tekstur kerasnya ini hanya di bagian luar, bagian dalamnya tetap lembut.

Bahan baku pembuatan yang digunakan berbeda dengan roti umumnya. Pembuatan roti ini menggunakan gula merah.

BACA JUGA: AOA KPOP Semarakkan Upacara Penutupan Asian Para Games 2018

Dilansir dari Jakarta-tourism (2017), penggunaan gula merah adalah karena saat itu sulit mendapatkan gula putih. Meski demikian, gula merah membuat rasa roti ini tidak terlalu manis. Disisi lain, gula merah juga yang membuat warnanya coklat. Tapi rasanya bukan rasa coklat ya, tapi rasa gula merah.

Selain itu, pengembang yang digunakan adalah baking powder dan menggunakan rempah kayu manis. Ditambah lagi taburan wijen di bagian atas yang membuatnya semakin kaya manfaat.

Nama gambang diambil dari bentuknya yang mirip dengan alat musik gambang keromong. Gambang keromong merupakan alat musik tradisional Betawi.

Roti gambang ini cocok dihidangkan bersama dengan teh maupun kopi. Bisa dikonsumsi terpisah ataupun roti dicelup terlebih dahulu.

BACA JUGA: Sosok Gadis Manis tapi Menyeramkan yang Melegenda di Jakarta

Di Semarang, ada roti serupa yang namanya roti ganjel rel. Ganjel rel biasa disajikan saat tradisi Dugderan. Tradisi ini digelar setiap menjelang Ramadan. Disana, roti ini menjadi simbol dari tidak adanya gangguan selama pelaksanaan ibadah Ramadan.

Jika di Jakarta, roti ini bisa didapatkan di toko-toko roti jadul ataupun tukang

roti keliling. Sebab sudah jarang menjumpai penjual roti gambang di Jakarta. Kalau memiliki waktu banyak, lebih baik membuatnya sendiri saja. Resep-resep roti gambang sudah banyak ditemukan di internet. Tapi pastinya, harus ada oven untuk membuat roti ini ya!


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...