Nikah Massal di DKI Jakarta tahun 2017 (Berita Satu)
Nikah Massal di DKI Jakarta tahun 2017 (Berita Satu)

MALANGTODAY.NET – Aksi nikah massal kembali digelar di Jakarta. Kali ini Pemrov DKI akan mengadakannya di malam Tahun Baru 2019 atau 31 Desember 2018.

Sistemnya, setiap kelurahan di Jakarta nanti mengirimkan tiga calon pasangan untuk dinikahkan. Seperti yang diketahui, total ada 267 kelurahan di Jakarta.

“Insyaallah pada malam tahun baru nanti akan dilaksanakan nikah massal. Masing-masing kelurahan akan membawa tiga pasangan,” ujar Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta, Hendra Hidayat dilansir dari Kompas.com (12/12/2018).

Kemudian masing-masing pasangan akan menerima mahar Rp 500ribu dari Bazis DKI Jakarta.

“Itu total semua bantuannya dari Bazis. Jadi sponsornya memang cuma Bazis, (Rp500 ribu) per pasangan. Sponsor tunggal Bazis, kita enggak ada yang lain-lain,” jelasnya.

Hal ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan nikah massal tahun 2017 lalu. Dilansir dari Kompas, pada tahun 2017, masing-masing pasangan mendapat mahar seperangkat alat sholat, tabungan dari Bank Mandiri Syariah, dan 1 gram emas dari PT Aneka Tambang.

Sampai saat ini, teknis untuk penyelenggaraan nikah massal tahun ini masih dibahas. Rencananya Jumat esok (14/12/2018) masih akan dilakukan rapat pematangan kajian teknis.

“Nanti pematangannya, rapat hari Jumat pagi jam 09.00 WIB,” ujarnya dilansir dari Okezone.com (12/12/2018).

Sebelumnya, anggaran untuk nikah massal sempat ditolak saat membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2018. Dilansir dari Tirto.id, penolakan ini karena anggarannya dianggap terlalu memaksakan dan perencanaannya belum matang.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.