Pulau Bentengan di tengah Danau Sunter Barat - @Tribunnews
Pulau Bentengan di tengah Danau Sunter Barat - @Tribunnews

MALANGTODAY.NET – Danau Sunter kian dikenal berkat dihelatnya Festival Danau Sunter. Acara utamanya adalah lomba renang antara Menteri Kelautan RI Susi Pudjiastuti dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. Dibalik kemeriahan itu, ternyata danau ini memiliki cerita penuh misteri.  Dilansir dari tayangan On The Spot TRANS7 (15/3/2018), pulau di Danau Sunter Barat ini memiliki istana gaib!

Danau yang berlokasi di kawasan Sunter, Jakarta Utara ini terbagi menjadi dua, Danau Sunter Barat dan Danau Sunter Timur. Danau Sunter Timur kini telah disulap menjadi tempat wisata. Festival Danau Sunter juga dihelat disini.

Berbeda dengan Danau Sunter Barat. Danau ini difungsikan sebagai pengendali banjir dan tempat penampungan limbah rumah tangga di Sunter. Air Danau Sunter Timur pun lebih bersih daripada Danau Sunter Barat.

BACA JUGA: Ini 5 Restoran Sehat di Jakarta, Masih Mau Makan Junk Food?

Beberapa kisah mistis pun terjadi di pulau kecil bernama Bentengan ini. Pulau ini dipenuhi ilalang dan pepohonan. Pada tahun 2013, terjadi kecelakaan eskavator saat proses normalisasi danau. Eskavator di tengah danau tiba-tiba terbalik. Kejadian ini terjadi pada sore hari jelang maghrib.

“Dulu ada sebuah alat berat yang terbalik di tengah-tengah Danau Sunter. Itu kejadiannya sore menjelang maghrib. Kata operatornya alat itu terbalik tanpa sebab,” ujar Koordinator Penanggung Jawab Rumah Pompa Danau Sunter Selatan, T.A Ramdoni.

Selain itu, danau ini juga kerap menelan korban. Korban yang tenggelam disini baru akan ditemukan keesokan harinya. Anehnya lagi, lokasi ditemukannya korban adalah di titik dimana korban tersebut dinyatakan tenggelam. Masyarakat akhirnya banyak yang meyakini kalau di danau ini terdapat lumpur hidup yang bisa menyeret korban.

Tidak hanya menelan korban, danau ini sering pula dijadikan tempat pembuangan jasad. Hal ini terbukti dengan penemuan jasad dalam koper 2008 silam.

Mitos tentang Danau Sunter kembali muncul pada awal tahun 2018. Kali ini mitos yang beredar adalah adanya pulau ular. Di danau ini muncul ular sanca sepanjang 4 meter dan berdiameter sekitar 15 meter. Ular sanca yang tertangkap warga ini pun dilepaskan kembali karena beberapa alasan. Salah satunya karena ular tidak melawan saat ditangkap.

Menurut orang-orang yang memiliki penglihatan batin, pulau di danau ini memiliki istana gaib. Istana ini dihuni oleh buaya putih Danau Sunter Barat.

“Ada orang kesurupan, tetangga. Alhamdulillah sama saya itu bisa sembuh. Kemudian ya keluarlah assalamu’alaikum buaya putih. Saya nggak bisa liat. Cuma dia ngaku Dewi Sekar, istilahnya ketua penunggu danau sini,” ungkap warga sekitar pulau, Sukarmo.

BACA JUGA: 3 Hutan di Bali Ini Simpan Cerita Mistis!

Bahkan sang ketua penunggu tersebut mengajaknya masuk ke istana.

“Saya dalam mimpi juga pernah ke istananya. Cuma ya saya cuma diajak main,” imbuhnya.

Istana gaib ini sering dikunjungi masyarakat untuk bersemedi dan mencari wangsit. Menurut kepercayaan, dengan bermalam di pulau tersebut orang akan mendapatkan keberuntungan. Orang-orang yang datang kesini tidak hanya warga Jakarta melainkan sekitar Jakarta juga seperti Depok.

Pada tahun 1940, di pulau ini sempat akan dibangun Air Traffic Controller (ATC) untuk bandara di Kemayoran. Namun tidak diketahui alasan kenapa pembangunan mangkrak hingga kini.

 


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...