Ilustrasi interaksi warga di Jakarta (Merdeka)
Ilustrasi interaksi warga di Jakarta (Merdeka)

MALANGTODAY.NET – Jakarta ditetapkan sebagai kota dengan toleransi rendah tahun ini. Penetapan ini didasarkan pada hasil penelitian mengenai isu promosi dan toleransi yang telah dilakukan oleh Setara institute.

Dalam penelitian yang dilaporkan dalam bentuk Indeks kota Toleran (IKT) 2018, Setara Insitute mengambil sampel di 94 kota di Indonesia. Dari keseluruhan kota tersebut, Jakarta menduduki posisi ke-92 dari 94 kota.

Baca Juga  Crane Pembangunan Turap di Kali Sentiong Ambruk, 3 Orang Terluka

Meski begitu, ternyata posisi Jakarta masih lebih baik daripada tahun lalu. Sebab, Jakarta sempat menduduki posisi paling rendah dalam hasil survei.

“Jakarta sudah dari tahun lalu, ini sebenarnya sudah relatif baik, tahun lalu Jakarta sempat paling rendah. Tidak terlalu banyak kemajuan yang kita lihat dari Jakarta, peristiwa intoleransi begitu tinggi,” ujar Direktur Riset Setara Institute, Halili dilansir dari Kompas.com (7/12/2018).

Variabel-variabel penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi regulasi pemerintah kota, tindakan pemerintah, regulasi sosial, dan demografi agama. DKI Jakarta mendapat skor rendah pada tindakan pemerintah dan regulasi sosial.

“Jadi DKI tidak menunjukkan tindakan yang memadai sebagai representasi negara di tingkat lokal. Jadi negara di tingkat lokal itu tidak ada. Jadi regulasi pemerintah lokalnya tidak progresif, padahal potensi intoleransinya tinggi,” jelasnya.

Menteri Dalam negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo pun menaggapi hal ini. Menurutnya, toleransi di Jakarta rendah salah satunya karena Pilkada Jakarta tahun lalu.

“Bayangkan sesama tetangga bisa enggak kompak, kan sedih sekali. Mari semakin dewasa, jangan sampai terpecah-belah dan kuncinya prestasi,” ucapnya.

Selain DKI Jakarta, ada sembilan kota lain di Indonesia yang menyandang gelar sebagai kota dengan toleransi rendah. Berikut adalah daftar kota-kota tersebut.

1. Sabang (skor: 3,757)

2. Medan (skor: 3,710)

3. Makassar (skor: 3,637)

4. Bogor (skor: 3,533)

5. Depok (skor: 3,490)

Baca Juga  Jakarta Dilanda Banjir dan Pohon Tumbang, Berikut Rinciannya

6. Padang (skor: 3,450)

7. Cilegon (skor: 3,420)

8. Jakarta (skor: 2,880)

9. Banda Aceh (skor: 2,830)

10. Tanjung Balai (skor: 2,817)


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.