Ilustrasi tilang (istimewa)
Ilustrasi tilang (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Mulai Sabtu (17/11/2018), warga Jakarta Selatan sudah bisa menikmati fasilitas layanan pengurusan tilang di Mall Gandaria City. Pelayanan ini meliputi pengambilan barang bukti tilang dan pembayaran tilang.

Inovasi dari Kejaksaan Negeri Jakarta ini merupakan suatu bentuk pelayanan dan komitmen terhadap masyarakat.

“Ini komitmen dari Jaksa Agung, Kajati DKI Jakarta, dan Kejari Jaksel dalam reformasi kelembagaan. Sehingga diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Pathor Rahman dilansir dari Sindonews.com (18/11/2018).

BACA JUGA: Pabrik Furniture di Kapuk Jakarta Utara Terbakar

Pelayanan tilang dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 10.00-17.00 WIB. Namun, pengambilan nomor antrian hanya berlaku pukul 10.00—12.00 WIB. Untuk saat ini, layanan tilang hanya berlaku bagi pelanggaran tilang yang ada di wilayah Jakarta Selatan.

Adanya pengurusan denda tilang selama weekend dan tempat keramaian seperti mall dianggap positif oleh beberapa masyarakat. Diakui aktivitas selama hari kerja tidak terganggu dan dapat dilakukan dengan aktivitas liburan seperti nonton di mall.

“Saya sekalian nonton, karena kebetulan bersama teman,” ungkap salah satu warga yang mengurus denda tilang, Wina.

Layanan ini masih akan terus diujicobakan selama tiga minggu kedepan. Nantinya, lokasi akan berubah-ubah. Prioritasnya yaitu lokasi keramaian.

BACA JUGA: Beol Cepirit, Alternatif Baru Transportasi di Jakarta

“Bisa jadi nanti di tempat keramaian lainnya, seperti di Ragunan, atau di Car Free Day (CFD). Enggak melulu di mal, akan kami evaluasi,” tuturnya.

Diakui Kejari Jakarta Selatan, baru lembaganya yang menerapkan pelayanan ini. Harapannya, nanti bisa dicontoh oleh pihak-pihak lainnya.

“Diharapkan, menjadi contoh bagi kejaksaan yang lain,”

 


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...