Salah satu ikon kebanggaan di Singapura @inditourist
Salah satu ikon kebanggaan di Singapura @inditourist

MALANGTODAY.NET – Wisatawan yang hendak ke Singapura perlu berhati-hati. Pasalnya, Singapura tengah dibuat heboh dengan penyakit cacar monyet atau virus monkeypox. Yuk, kenali gejalan dan cirinya!

Seperti diungkap Kementerian Kesehatan Singapura, melalui Detik.com, pada Senin (13/5/2019) penyakit ini berawal dari seorang pria Nigeria yang tiba di Singapura pada akhir April. Diketahui bahwa virus ini memang bermula di Afrika.

Saat ini, penyelidikan sedang berlangsung. Sebanyak 23 orang telah diidentifikasi sempat melalukan kontak fisik dengan pria 38 tahun tersebut.

Meski demikian, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu), baik Singapuran maupun Indonesia belum memberikan peringatan serius terkait wabah ini. Pihak Kementerian Kesehatan Singapura pun mengatakan bahwa wisatawan atau traveler yang hendak ke Singapura tak perlu khawatir dengan penyakit tersebut.

Pihak Singapura juga sudah bersiap mengambil tindakan atau menangani hal tersebut. “Meskipun risiko penyebarannya rendah, Kementerian Kesehatan mengambil tindakan pencegahan,” katanya.

Sejauh ini, orang Nigeraia yang mengidap penyakit itu telah dikarantina bersama dengan 23 orang lain yang terindikasi melakukan kontak denganya.

Sekadar informasi, cacar monyet atau virus monkeypox adalah virus yang mirip dan biasa terjadi pada manusia. Virus ini sebenarnya sudah diberantas pada 1980. Penyebarannya pun tidak mudah dari orang ke orang, tapi dalam kasus langkan, virus ini dapat berakibat fatal.

Layaknya cacar biasa, penyebaran virus ini terjadi apabila ada kontak fisik atau terkena cairan dari orang yang mengidap penyakit ini. Umumnya, diderita oleh anak-anak.

Gejala yang ditimbulkan saat terinfeksi penyakit ini akan mengalami demam, pusing, nyeri sendi, berkeringat, dan disertai dengan (munculnya) cacar di sekujur tubuh. Dengan perawatan, penyakit ini bisa sembuh dalam dua sampai tiga minggu.

Berbahagialah bagi wisatawan yang sebelumnya sudah menerima vaksi cacar. Sebab, virus ini akan lebih sulit menyebar. Hal yang perlu diwaspadai adalah hindari kontak fisik dengan orang yang mengidap penyakit ini. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.