Ilustrasi tubuh manusia @Kumparan
Ilustrasi tubuh manusia @Kumparan

MALANGTODAY.NET – Umumnya, manusia tidak bisa bertahan hidup lebih lama jika ditemukan ada keabnormalan organ dalam tubuhnya. Namun, hal berbeda justru terjadi pada tubuh Rose Marie Bentley. Wanita asal Amerika Serikat ini berhasil bertahan hidup dengan susunan organ tubuh yang berbeda dengan manusia umumnya.

Susunan organ tubuh Bentley merupakan perncerminan dari susunan tubuh manusia yang biasa dikenal. Organ-organ yang biasanya seharusnya ada di kanan, justru berada di kiri tubuhnya.

Hal ini diketahui ketika Bentley mendonasikan tubuhnya untuk penelitian di laboratorium pembedahan Oregon Health and Science University, Portland. Donasi ini tentu dilakukannya usai kematiannya pada 2017 silam.

Saat itu, lima orang mahasiswa kedokteran di sana membedah tubuh Bentley dan menemukan hal mengejutkan ini. “Saya pikir keanehan yang ada di dalam tubuhnya ini hanya terjadi satu banding 50 juta orang. Saya pikir kami tak akan pernah melupakan ini,” ujar asisten profesor Cameron Walker, dilansir dari CNN (8/4/2019).

Ketika membedah bagian rongga dada, mereka kaget karena tidak menemukan pembuluh balik besar bawah atau vena cava inferior. Ternyata, vena cava inferior yang biasanya ditemukan di sebelah kanan, mereka temukan di kiri.

Selain itu, lambung Bentley juga ditemukan di sebelah kanan. Begitu juga organ hati yang ditemukan di sebelah kiri.

“Organ hati yang biasanya di sebelah kanan, sebagian besar berada di sebelah kiri. Limpanya ada di sisi kanan, padahal normalnya di kiri. Dan kemudian sisa saluran pencernaannya, usus besarnya yang naik juga terbalik,” ucap Walker.

Terbaliknya organ tubuh ini dikenal dengan nama situs invertus dengan levocardia. Orang yang mengalami ini biasanya tidak bisa hidup lama. Menurut catatan, usia terlama penderita ini hanya 73 tahun saja.

Kata Pihak Keluarga

Meski demikian, Bentley mematahkan catatan itu hingga usia 99 tahun. Pihak keluarga menyatakan bahwa Bentley senantiasa sehat karena ia adalah seorang perenang.

Sementara itu, terkait donasi tubuh, anak bungsu Bentley, Louise Allee kagum dengan keputusan ibunya untuk donasi tubuh. Dalam benaknya, hal ini akan membuat ibunya tersenyum di surga.

“Ada puisi yang ditemukan ayah dan itu tentang donasi organ tubuh. Anda tahu, ‘memberikan mata saya untuk pria yang tidak pernah bisa melihat matahari terbit dan semacamnya. Dia selalu menunjukkan puisi itu. Itu sangat penting untuknya,” tutur Allee. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.