Tingkatkan Wisatawan, Korea Selatan Galakkan Wisata Halal

MALANGTODAY.NET – Kepopuleran negeri gingseng di negeri tetangga maupun Eropa memang masih terus terasa. Jadi tidak heran jika ada banyak turis di seluruh dunia ini yang penasaran dengan wajah asli Korea Selatan, dan berbondong-bondong berkunjung ke sana. Itu sebabnya, negara yang terkenal dengan K-Pop Idol ini turut menyediakan beragam kudapan halal, untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan asing.

Dilansir MalangTODAY.net dari republika, disebutkan bahwa pejabat industri Korea Selatan saat ini telah mengumumkan beberapa hotel bintang lima yang menawarkan menu halal bagi wisatawan muslim. Jumlah hotel yang menyediakan menu halal ini diperkirakan akan bertambah, mengingat pasar wisata halal global yang semakin berkembang.

Dia menyebutkan, menu halal yang disiapkan pihak hotel sesuai dengan hukum Islam. Menurut Organisasi Pariwisata Korea (KTO)  dalam buku panduan halal yang disediakan terdapat nama-nama hotel yang menyediakan menu halal serta mengakomodir keperluan wisatawan muslim, seperti Hotel Plaza dan Lotte Hotel.

Bahkan, beberapa hotel pun juga menyediakan kitab suci Al-Quran untuk umat muslim beribadah. Dengan kebijakan tersebut, jumlah pengunjung muslim pun meningkat 10 persen selama beberapa tahun terakhir ini.

Menurut Presiden Tourism Organization Korea, Jung Chang So, saat ini ada sekitar 130 restoran untuk muslim, termasuk 14 yang bersertifikat halal di Korea Selatan dan angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Tak hanya itu, untuk menciptakan kenyamanan bagi wisatawan muslim, Korea Selatan juga menyediakan tempat ibadah bagi muslim, disamping terus memproduksi produk halal. Saat ini, terdapat 15 masjid di Korea Selatan, termasuk Masjid Pusat Seoul, dan 40 tempat ibadah di tempat-tempat wisata populer seperti Nami Island, Lotte World dan Coex Mall,  Bandara Incheon International di Seoul, dan yang terbaru di Bandara Internasional Gimhae di Busan; dan K-Style Hub, pusat informasi wisata di Seoul.

Berdasarkan data sementara, jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea Selatan telah meningkat dari 541 ribu di 2012 menjadi 752 ribu pada tahun 2014. Sedangkan pada tahun 2015 jumlah wisatawan muslim sebanyak 900 ribu.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.