Wartawan Arab Saudi Hilang di Turki, Negara Rival Pilih Santai
Demonstrasi terkait kasus hilangnya Jamal Khashoggi @MintPress News

MALANGTODAY.NET – Jurnalis atau wartawan memiliki peran penting dalam mengontrol dan mengawasi jalannya pemerintahan. Mereka mengkritisi dan mengungkap hal-hal yang tak berjalan dengan semestinya di pemerintahan. Inilah yang membuat seorang jurnalis terkadang berada dalam bahaya.

Baru-baru ini berita tentang hilangnya seorang jurnalsi Arab Saudi, Jamal Khashogi menggegerkan dunia. Pasalnya, pemerintah Saudi diduga menjadi dalang dalam menghilangnya wartawan senior yang sering melontarkan kritik itu. Selain Khashoggi, ada beberapa wartawan yang juga tewas setelah melakukan investigasi dan melaporkan skandal pemerintah. Mengutip dari tempo.co pada Minggu (21/10/2018), berikut ini empat jurnalis lain yang tewas setelah mengungkap skandal pemerintah.

Baca Juga: Panggil Pemburu Hantu, Dugaan Santet yang Diterima Ruben Onsu Terkuak

Kim Wall (Swedia)
Tak Hanya Jamal Khasoggi, 4 Jurnalis Ini Juga Tewas 'Dibungkam' Pemerintah
Kim Wall @The New Yorker

Kim Wall adalah seorang jurnalis lepas yang menulis untuk beberapa media internasional. Potongan tubuh Kim Wall ditemukan pan 21 Agustus 2017 setelah 10 hari dinyatakan menghilang. Jurnalis yang menulis laporannya untuk New York Times, the Guardian, Vice dan the South China Morning Post ini dimutilasi dengan kejam oleh Peter Madsen, seorang pengusaha sekaligus insinyur kedirgantaraan. Wall dimutilasi di dalam kapal selam milik Madsen di perairan Denmark.

Daphne Caruana Galizia (Maltese)
Tak Hanya Jamal Khasoggi, 4 Jurnalis Ini Juga Tewas 'Dibungkam' Pemerintah
Daphne Caruana Galizia @The Shift News

Jurnalis ini menulis laopran tentang skandal besar Panama Papers dengan negaranya. Ia tewas akibat ledakan sebuah bom dalam mobilnya pada tahun 2017 silam. Pembunuhan tersebut diduga terkait dengan laporan investigasi yang ia tulis di dalam blognya. Tulisan investigasi tersebut berisi dugaan korupsi yang dilakukan oleh para petinggi negaranya.

Viktoria Marinova (Bulgaria)
Tak Hanya Jamal Khasoggi, 4 Jurnalis Ini Juga Tewas 'Dibungkam' Pemerintah
Viktoria Marinova @NBC News

Viktoria Marinova adalah seorang jurnalis yang ikut melakukan penyelidikan terhadap kasus korupsi dana Uni Eropa yang diduga melibatkan politisi dan pengusaha di negaranya. Ia ditemukan tewas di dekat sungai Danube di Kota Ruse, Bulgaria Utara pada 6 Oktober 2018 lalu. Dari laporan USA Today, Viktoria tewas setelah dipukuli, diperkosa dan dicekik.

Baca Juga: Maraknya Hoaks, Ini Himbauan Polres Malang Terkait UU ITE

Jan Kuciak (Slovakia)
Tak Hanya Jamal Khasoggi, 4 Jurnalis Ini Juga Tewas 'Dibungkam' Pemerintah
Jan Kuciak @ctvnews.ca

Jan Kuciak adalah seorang jurnalis yang tengah melakukan investigasi terkait dengan skandal korupsi yang melibatkan mafia dan pengusaha Italia di Slovakia. Ia ditemukan tewas bersama kekasihnya di kediamannya.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...