Somalia Kekeringan, 26 Orang Tewas Kelaparan
Anak-anak Somalia kelaparan @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Somalia selatan sedang dilanda kekeringan yang menyebabkan setidaknya 26 orang di wilayah semi otonom Jubbaland tewas akibat kelaparan, seperti diberitakan radio pemerintah federal setempat.

Seperti halnya negara-negara lain di kawasan tersebut, Somalia mengalami kekeringan yang menyebabkan terbunuhnya hewan ternak warga setempat, gagal panen, serta menewaskan 6,2 juta orang. Kondisi tersebut membuat mereka membutuhkan bantuan pangan.

Musibah kekeringan yang menyebabkan kelaparan parah di wilayah Jubbaland membuat ratusan keluarga memilih berpindah ke ibu kota Mogadishu untuk mencari bantuan.

Dilansir dari Reuters, Asisten Menteri Dalam Negeri Jubbaland, Mohamed Hussein mengatakan bahwa kondisi kekeringan parah telah menewaskan beberapa orang selama rentang waktu 36 jam pada Senin (20/3). Peristiwa itu terjadi di berbagai kota di di daerah Jubba tengah dan Gedo.

Ketua sekretariat PBB mengemukakan bahwasanya peran serta negara-negara maju sangat diperlukan untuk menyelamatkan Somalia dari bencana kelaparan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.