Soal Kasus Pembunuhan Jurnalis Arab Saudi, Ini Pujian Raja Salman
Raja Salman dari Arab Saudi @The Duran

MALANGTODAY.NET – Kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, di Konsulat Arab Saudi di Turki menjadi perhatian publik internasional dalam sebulan terakhir. Seiring penyelidikan terhadap kasus ini berjalan, Raja Salman dari Arab Saudi akhirnya berkomentar mengenai kasus tersebut.

Raja Salman secara tidak langsung mengomentari kasus pembunuhan Khashoggi saat menyampaikan pidato tahunan di Dewan Syuro Saudi. Menurutnya, ia telah memastikan bahwa sistem hukum dan peradilan di negara yang dipimpinnya itu telah berjalan berdasarkan asas Islam yang adil dan setara.

Baca Juga: Christian Bautista Menikah di Bali, Sajikan Pesta Bolywood sampai Naked Cake

“Kami memastikan negara ini tak akan melenceng dari penerapan hukum Tuhan tanpa mendiskriminasi siapapun,” ucap Raja Salman dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/11/2018).

Terkiat keterlibatan putra mahkota kerajaan, Pangeran Muhammad bin Salman (MBS), Raja Salman justru memuji pencapaiannya yang telah sukses melaksanakan reformasi di bidang ekonomi. Keberhasilan MBS dinilai dapat memberi lapangan pekerjaan bagi pemuda Saudi pasca era minyak mentah.

Baca Juga: Cerita WNI Seputar Pornografi di Jepang, Pindah Yuk!

Pernyataan Raja Salman menuai tanggapan dari berbagai kalangan. Peneliti dari Baker Institute, Kristian Ulrichsen, menilai bahwa apapun penilaian dan pendapat dunia tak akan mampu mengubah kebijakan Negeri Petrodollar itu. “Dia menantang komunitas internasional untuk memberikan tindakan, dan bertaruh mereka tak bakal melakukannya,” jelas Ulrichsen.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, jurnalis kawakan Jamal Khashoggi telah dibunuh pada 2 Oktober 2018 saat berada di Konsulat Arab Saudi guna mengurus dokumen pernikahannya. Riyadh mengatakan telah menahan sekitar 21 orang yang berkaitan dengan pembunuhan tersebut.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...