Ubur-ubur Api (Padar News)
Ubur-ubur Api (Padar News)

MALANGTODAY.NET – Serangan ubur-ubur kembali menyerang. Beberapa hari terakhir ubur-ubur menyerang di deretan pantai-pantai Australia seperti negara bagian Queensland.

Menurut laporan, ada 3.595 orang yang menjadi korban sengatan. Akibat ulah ubur-ubur tersebut, sejumlah pantai di Australia pun ditutup sementara.­

Diketahui, jenis ubur-ubur tersebut adalah ubur-ubur api. Meski namanya demikian, ubur-ubur ini juga sering dikenal dengan nama bluebottle karena warnanya biru.

Hewan ini sebetulnya bukan termasuk golongan ubur-ubur sejati tapi masih satu filum dengan ubur-ubur. Sengatan ubur-ubur ini memiliki efek melepuhkan hingga mematikan.

Menurut pihak terkait di Australia, bluebottle biasanya memang muncul di pantai timur Australia selama musim panas. Selama kemunculannya itu umumnya data mencatat bahwa ada sekitar 10 ribu orang yang tersengat setiap tahunnya.

Adanya lonjakan korban dalam hitungan hari ini cukup mengejutkan pihak Australia. Atas kejadian ini, Asosiasi penjaga pantai Surf Life Savingpun mengimbau warga agar menjauh dari kawasan pantai.

“Kawanan bluebottle mendekati pantai Rainbow. Penjaga pantai berada di dekat pantai. Mohon menjauhi air,” tulis Surf Life Saving dilansir dari Kompas.com (7/1/2019).

Peringatan ini cukup penting mengingat sengatan ubur-ubur ini sangat berbahaya dan walaupun sudah terdampar selama beberapa hari tapi sengatnya masih kuat untuk melukai.

Diduga, serangan ubur-ubur terjadi karena hembusan angin darat yang kuat dari arah timur laut. Akhirnya warga yang berada di deretan pantai tersebut bersentuhan dengan ubur-ubur.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.