Sekarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Haram Hukumnya
Syahrini foto di Masjid Nabawi @ kaskus.co.id

MALANGTODAY.NET – Baru-baru ini, Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah melarang kepada setiap jamaah haji dan umrah untuk melakukan kegiatan selfie, baik ketika berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Surat edaran terkait pelarangan tersebut ditujukan kepada seluruh negara yang mengirim jamaah haji dan umrah, termasuk Indonesia.

Dilansir dari kumparan.com, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenang, Mastuki membenarkan adanya surat edaran pelarangan selfie tersebut.

Pihaknya akan menindaklanjuti dengan meneruskan surat tersebut kepada penyelenggaran  haji dan umrah di seluruh Indonesia

“Larangan ini akan kami follow up dengan sosialisasikan ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), asosiasi umrah, serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) agar diperhatikan dan menjadi materi yang disampaikan ke jemaah sebelum keberangkatan ke Saudi,” terang Mastuki, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, Kamis (23/11).

Matsuki menambahkan, sebenarnya larangan ini sudah lama dikeluarkan. Tapi seiring dengan tingkat pelanggaran yang tinggi, peraturan ini akhirnya dipertegas lagi.

Kegiatan ini dinilai mengurangi nilai khusyuk nya suatu ibadah umrah maupun haji. Apalagi kalau pengambilan fotonya sangat dekat dengan Masjidil Haram atau Masjid Nawabi.

Dirinya juga menuturkan bahwa larangan ini sebenarnya sudah diberitahu kpada jamaah haji saat proses manasik. Tapi tetap saja, larangan ini tidak digubris oleh jamaah haji atau umrah. Mereka tetap nekat melakukan selfie di area Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

“Kemenag sebenarnya sudah melakukan sosialisasi tentang larangan ini sejak tahun lalu, terutama saat manasik. Sosialisasi ini disampaikan bersamaan dengan informasi larangan-larangan lainnya yang ditetapkan Saudi, seperti membawa makanan yang menyengat, rokok, atau barang yang dilarang dalam penerbangan,” ujarnya seperti yang dikutip dari kumparan.com, Kamis (23/11). (Ans)

Loading...