Satu Tersangka Kasus Khasoggi Tewas, Ulah Pemerintah?
Jurnalis Arab Saudi Jamal Khasoggi @The Daily Beast

MALANGTODAY.NET – Mashal Saad Al-Bostani, salah satu tersangka dalam kasus hilangnya Jamal Khasoggi, tewas dalam insiden kecelakaan lalu lintas di Riyadh. Mengutip Kompas.com pada Sabtu (20/10/2018), berita tewasnya letnan Angkatan Udara Arab Saudi ini dimuat dalam sebuah harian terbitan Turki.

Harian tersebut menyebutkan bahwa beberapa sumber enggan menjelaskan kronologi dan detail kecelakaan yang terjadi pada Kamis (18/10/2018) itu. Selain itu, tidak ada keterngan lebih lanjut pula terkait dengan keterlibatan Al-Bostani dalam kasus menghilangnya Khasoggi.

Baca Juga: Komnas HAM Beri Jokowi Rapor Merah, Istana: Dia Punya Kewenangan Apa?

Beberapa sumber lain kemudian mengaitkan tewasnya Al-Bostani dalam kecelakaan itu merupakan sesuatu yang disengaja dan direncanakan oleh pihak pemerintah. Sementara itu, Abdulkadir Selvi mengkalim bahwa Konsul Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Mohammad al-Otaibi kemungkinan besar akan menjadi korban selanjutnya. Kolumnis harian Hurriyet ini menyatakan bahwa Putera Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammed bin Salman bisa melakukan apapun untuk memusnahkan barang bukti pembunuhan Jamal Khasoggi.

Tersangka Lain

Sebelumnya, sebuah media di Turki merilis 15 orang yang diduga terlibat dengan hilangnya Khasoggi di gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Media tersebut juga menyatakan bahwa Khasoggi sebenarnya telah tewas karena dimutilasi hidup-hidup.

Sebuah rekaman yang diklaim bisa membuktikan pembunuhan dan proses mutilasi tersebut konon sudah diamankan oelh pemerintah Turki. Dalam rekaman tersebut, terekam jelas bagaimana kejamnya penyiksaan yang dilakukan oleh para eksekutor itu.

Baca Juga: Ingin Terhindar dari Hoaks? Begini Cara Bedakannya!

Selain itu, harian Sabah juga merilis sebuah foto yang diduga merupakan gambar salah seorang pelaku pembunuhan tersebut. Dalam laporan tersebut, diketahui laki-laki yang terdapat dalam foto tersebut adalah Maher Abdulaziz M Mutreb. Perwira Intelejen yang sebelumnya ditugasakan di Kedube Saudi di London ini, kabarnya sampai di Istanbul pada hari yang sama dengan menghilangnya Khasoggi.

Meski pemerintah sudah mengakui kematiannya, hingga kini keberadaan jenazah Jamal Khasoggi masih belum ditemukan. Pemerintah menyatakan Khasoggi meninggal akibat bertikai dengan orang-orang yang ada di gedung konsulat, tempat terakhir ia terlihat hidup. Kasus hilangnya jurnals senior yang sering melontarkan kritik pada pemeintahnya ini mendapat perhatian dari seluruh penjuru dunia.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...