Salju Turun Lagi di Arab Saudi, Warga Asyik Bermain dan Berfoto
Salju turun di daerah Tabuk @ spa.gov.sa

MALANGTODAY.NET – Setelah Gurun Sahara, fenomena turun salju di daerah tropis, kembali terjadi. Kali ini wilayah timur laut Arab Saudi, diselimuti salju sejak Minggu (28/1).

Dilansir dari mirror.co.uk, bagian Arab Saudi yang terselimuti salju kali ini tepatnya ada di daerah Tabuk. Kawasan tersebut yang tadinya berwarna coklat, berubah seketika menjadi putih.

Banyak masyarakat sekitar yang bermain salju di lingkungannya. Ada juga yang hanya duduk membuat api unggun atau berfoto bersama.

Salju Turun Lagi di Arab Saudi, Warga Asyik Bermain dan Berfoto
Warga asyik membuat api unggun @ spa.gov.sa

Mereka memanfaatkan momen ini untuk menikmati salju yang tidak pernah turun di negara Timur Tengah itu.

Selain di Tabuk, salju juga turun di Lebanon, Suriah dan Iran. Ketinggian salju disana mencapai 4 kaki atau sekitar 1,2 meter.

Salju Turun Lagi di Arab Saudi, Warga Asyik Bermain dan Berfoto
Anak-anak sedang bermain salju di Tehran @ AFP.com

Antusiasnya masyarakat akan datangnya salju, mengakibatkan kemacetan panjang pada arus lalu lintas di kawasan pegunungan Al-Lawz yang merupakan perbatasan Arab Saudi dan Jordania. Pihak kepolisian pun segera mengatasi kemacetan tersebut.

Dilansir dari Arab News, saking senangnya dengan fenomena turunya salju, warga sekitar pun mengadakan festival salju tahunan!

Salju memang akan selalu turun setiap tahunnya di kawasan Alkan dan Al-Lawz. Maka dari itu, warga sekitar antusias mengadakan festival tersebut, sebagai rasa syukur dan pemikat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Salju Turun Lagi di Arab Saudi, Warga Asyik Bermain dan Berfoto
Kemacetan akibat salju Arab Saudi @ spa.gov.sa

Selain mengadakan festival salju, warga disekitar kawasan tersebut pun, menurut pengakuan pemerintah Tabuk, mereka sudah bersiap untuk segala kemungkinan darurat yang misalnya terjadi.

“Mereka siap menghadapi segala kemungkinan darurat,” ucapnya.

Sebelum turunnya salju, Otoritas Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Arab Saudi telah memperingatkan tentang kemungkinan salju akan turun.

“Udara dingin bergerak ke wilayah utara. Salju akan turun hingga pertengahan pekan depan,” kata juru bicara Otoritas Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Arab Saudi Hussein Al-Qahtani, seperti yang dilansir dari Saudi Press Agency.

Loading...