Ini Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Cuma 90 Detik!
Loganair @Jet Photos

MALANGTODAY.NET – Umumnya, manusia menggunakan transportasi pesawat terbang untuk mempersingkat jarak tempuh yang cukup jauh. Namun di Skotlandia, ada rute penerbangan komersial yang hanya menempuh jarak tidak lebih dari 3 kilometer.

Yap, rute tersebut merupakan milik maskapai penerbangan Skotlandia bernama Loganair. Dilansir dari Kompas.com, Minggu (21/10/2018), rute penerbangan tersebut menghubungkan antara Pulau Westray dengan Pulau Papa Westray yang terletak di Kepulauan Orkney, utara Skotlandia.

Baca Juga: Bila Terjadi Perang Dunia Lagi, Ini Negara Teraman untuk Berlindung

Penerbangan tersebut hanya menempuh jarak sekitar 2,7 kilometer dan hanya menghabiskan waktu 90 detik atau 1,5 menit saja. Harga tiketnya dibanderol sekitar 17 poundsterling atau sekitar Rp 330.000 saja.

Jarak yang demikian singkat tersebut sebenarnya juga bisa ditempuh jika menggunakan kapal feri yang berlayar sekitar 25 menit saja. Namun Loganair memang dikenal sebagai maskapai yang melayani penerbangan jarak pendek dengan waktu singkat antar pulau di Kepulauan Orkney.

Baca Juga: Negara Tetangga Jadi Paling Dermawan di Dunia, Halo Indonesia?

Selain Westray – Papa Westray, rute lainnya yang cukup singkat adalah Pulau Eday – Pulau Kirkwall yang membutuhkan waktu 10 menit saja. Pesawat yang digunakan pada kedua rute ini adalah Britten Norman BN2B-26 Islander yang mampu membawa delapan penumpang sekali terbang.

Selain Loganair, ada maskapai lain yang melayani penerbangan rute singkat yaitu United Arilines dan Mokulele Airlines. United Airlines melayani penerbangan San Fransisco – Santa Rosa yang memakan waktu terbang 16 menit. Sedangkan Mokulele Airlines melayani penerbangan Kalaupapa dengan Ho’olehua di Moloka’i, Hawaii dengan waktu 15 menit.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...