Rusia Merilis Rudak Balistik Antarbenua Terbarunya

MALANGTODAY.NET – Rusia kembali memperkenalkan rudal balistik antar benua yang berkekuatan nuklir yang bernama RS-28  Sarmat (Satan 2). Rudal ini juga dijuliki ‘Satan-2’, untuk mengantikan SS-18 atau ‘Satan 1’.

Mengutip dari situs Sputniknews,  rudal RS-28 dikalim memiliki kekutan yang cukup besar dapat meratakan daratan Amerika Serikat, Inggris, maupun Prancis hanya dalam satu kali tembak.

Rudal RS-28 sendiri telah diracang sejak 2011, dan rudal ini menjadi istimewah karena telah di kalim sebagai senjata militer kebangaan Moskow.Rudal balistik ini dikembangkan oleh Makeyev Rocket Desing Bureau, di kota Miass,sebelah timur pegunungan Ural.

“Sesuai dengan keputusan Pemerintah Rusia pada orde pertahanan negara 2010 dan periode perencanaan 2012-2013, Makeyev Rocket Desing Bureautelah diperintahkan untuk kembali merancang dan menggembangkan rudal RS-28 Sarmat 2” bunyi keterangan resmi Makeyev.

Pada akhir pekan lalu Makeyev telah merilis foto rudal tersebut yang memiliki berat 10 ton rudal tersebut dan juga dikemas dengan 16 hulu ledak nuklir, yang diperkirakan akan di luncurkanke publik pada 2018 mendatang.

RS-28 sendiri memiliki kecepatan tujuh kilometer perdetik dan juga didesain untuk  mengakali perisai antirudal.

Kekuatan hulu ledak RS-28 mencapai 40 megaton, di sinyalir memiliki kekuatan ledakan 2.000 kali melebihi dasyatnya bom atom Hirosima dan Nagasaki tahun 1945. (spk/rik)

Berikan tanggapan Anda