Yerusalem @bbc
Yerusalem @bbc

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Australia secara resmi telah mengakui Yerusalem Barat sebagai Ibu Kota Israel. Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam sebuah pidato di Sidney pada Sabtu (15/12/2018).

“Australia sekarang mengakui Yerusalem Barat, yang menjadi pusat pemerintahan Knesset (Parlemen Israel) dan banyak lembaga pemerintahan, adalah ibu kota Israel,” kata Moriseon, dikutip dari Kompas.com pada Minggu (16/12/2018).

Baca Juga  Baru Terpilih, Presiden Anti LGBT Brasil Akan Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Morrison juga menyatakan bahwa perubahan kebijakan luar negeri yang diambilnya merupakan sebuah keputusan yang berimbang dan terukur. Namun, pemindahan kantor kedutaan besar Australian untuk Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem belum akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Menurutnya pemindahan akan dilakukan saat segala sesuatunya sudah matang dan siap.

“Kami berharap pindahkan kedubes kami ke Yerusalem Barat ketika mungkin, untuk mendukung dan setelah penentuan status akhir,” ucapnya.

Terkait dengan pemecahan masalah yang terjadi antara kedua negara, Australia memutuskan untuk mengakui pendapat masyarakat Palestina, dan menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Semantara itu, Pemerintah Palestina dikabarkan akan terus mendesak negara-negara Arab dan Islam untuk menarik duta besar mereka dari Australia. mereka juga mendesak negara-negara tersebut untuk melakukan boikot ekonomi.

Baca Juga  Polemik Kontroversi Ibu Kota Israel, Ini 5 Fakta Mencengangkan Yerusalem

Keputusan yang diambil Australian ini ternyata membawa dampak yang sangat kuat bagi hubungannya dengan berbagai negara, termasuk Indonesia. Indonesia bahkan menghentikan proses negosiasi dagang dengan Australia karena perkara ini. Tak hanya itu, dari pihak Australiapun menurunkan imbauan untuk warga negaranya yang sedang berwisata ke Indonesia untuk lebih berhati-hati.

Dengan keputusan yang diambil oleh Morrison ini, Australia menjadi negara kelima yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Sebelumnya,  Amerika Serikat, Guatemala, Republik Ceko dan Honduras juga telah secara resmi menyatakan Yerusalem sebagi Ibu Kota Israel.


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.