Mantap, Ini Keuntungan Luar Biasa dari Pusat Bisnis Hoax Dunia!
Kota Veles di Makedonia, pusat hoax dunia @Flickr

MALANGTODAY.NET – Tak bisa dipungkiri, hoax menjadi ladang bisnis baru yang sangat menjanjikan bagi beberapa orang. Berita palsu ini ternyata tak hanya menguntungkan secara politik, namun sanggup memberikan keuntungan luar biasa bagi pelakunya.

Dilansir dari Sindo News, Minggu (6/1/2019), Pria asalah Makedonia bernama Mirko Ceselkoski bisa dibilanga dalah pelopornya. Saat Donald Trump berhasil memenangkan kursi presiden Amerika Serikat (AS) pada 2016 lalu, lebih dari 100 website pendukung Trump berbasis di Veles, Makedonia.

Website-website ini dioperasikan untuk menyebarluaskan hoax. Perkembangan Makedonia menjadi pusat bisnis berita palsu ini dilatarbelakangi oleh situasi yang terjadi di negara itu. Sebagai negara termiskin dan beberapa pabrik gulung tikar, Ceselkoski menjadikan hoaks sebagai lahan pekerjaan bagi sebagian besar masyarakat di sana.

“Ketika beberapa dari kami mulai bereksperimen dalam dunia politik AS, hasilnya benar-benar bagus. Banyak murid saya yang meraup keuntungan lebih dari US$ 100.000 per bulan. Sebagian muri mendapatkan keuntungan lebih rendah, tapi tetap bagus,” kata Ceselkoski.

Keuntungan luar biasa ini menjadikan bisnis hoax di Makedonia menjadi salah satu peluang kerja favorit. Terkini, keuntungan mereka tercatat lima kali lebih besar dari biasanya. Mereka memanfaatkan kecenderungan manusia yang menginginkan informasi sesuai dengan paham yang mereka anut.

Fenomena hoax dinilai makin meresahkan masyarakat. Pasalnya, penyebarluasan berita bohong dapat menyebabkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Ironisnya, beberapa oknum justru berhasil meraup keuntungan dengan berbisnis hoax.


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.