Presiden Zimbabwe Dipecat Partainya Sendiri, Kok Bisa?
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe berbicara pada pertemuan liga pemuda ZANU PF yang berkuasa di Harare, Zimbabwe, 7 Oktober 2017@ Philimon Bulawayo/Reuters

MALANGTODAY.NET– Partai berkuasa Zimbabwe memilih untuk memecat Presiden Zimbabwe Robert Mugabe. Dan telah menunjuk wakil presiden veteran otomatik yang dipecat dua pekan lalu sebagai penganti Mugabe.

Pemungutan suara oleh ratusan pejabat senior Zanu-PF di Harare pada hari Minggu (19/11), secara signifikan melemahkan posisi Mugabe. Dia telah menolak untuk mundur setelah pengambilalihan militer pekan lalu. Meskipun telah terjadi demonstrasi besar-besaran menuntut agar Mugabe meninggalkan kekuasaannya.

Parlemen Zimbabwe akan bertemu kembali pada hari Selasa (21/11) mendatang setelah penangguhan selama seminggu dan mengharapkan untuk menyeret Mugabe ke pengadilan jika dia nekat untuk bertahan.

Selain memecat Presiden Zimbabwe Mugabe, Parlemen Zimbabwe juga mengusir ibu negara, Grace Mugabe yang diangga sebagai profokator pemecah belah publik Zimbabwe.

Ketika mosi tersebut berlalu, menyingkirkan Mugabe dari kepala partai dan mengembalikan Emmerson Mnangagwa untuk menggantikannya.

Sebanyak 200 orang anggota komite pusat melompat berdiri, banyak dianatar mereka menyebu-nyebut nama Mnangagwa sebagai penganti Mugabe.

“Ini adalah hari yang menentukan kelahiran baru dan perkembangan negara kita,” kata Mike Madiro, ketua salah satu cabang partai provinsi yang secara resmi mengumumkan pemecatan Mugabe.

Chris Mutsvangwa, kepala asosiasi veteran perang, mengatakan Mugabe kehabisan waktu untuk menegosiasikan kepergiannya dan harus meninggalkan negara itu selagi dia bisa.

“Kami akan lakukan berbagai cara,” kata Mutsvangwa. “Dia mencoba menawar keluar dengan bermartabat.” lanjutnya. (end)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda