Presiden Keempat Iran Tutup Usia, Warga Kehilangan Sosok Penting
Presiden keempat, Ayatollah Ali Akbar Hashemi Rafsanjani ©ABC

MALANGTODAY.NET – Presiden keempat Iran, Ayatollah Ali Akbar Hashemi Rafsanjani meninggal dunia diusia 82 tahun. Rafsanjani dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Sebelum meninggal, pria yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dan pernah menulis bahwa dialah kekuatan yang sesungguhnya di balik pemerintah Iran itu sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Meninggalnya Rafsanjani tentu memberi duka yang mendalam bagi warga Iran, pasalnya ia merupakan politikus yang paling berpengaruh di Iran. Ia juga merupakan pemimpin dari Expediency Council, sebuah badan yang bertugas menyelesaikan sengketa antara Parlemen dengan Dewan Pelindung Konstitusi (Guardian Council). dikenal sebagai tokoh ‘pilar revolusi Islam’ yang dibenci kelompok garis keras. Ia juga dikenal dengan kebijakan ekonomi yang pragmatis-liberalis,

“Ayatollah Hashemi Rafsanjani dibawa ke rumah sakit setelah mengalami serangan jantung dan lebih dari satu jam dokter berupaya untuk menyelematkannya namun tak berhasil,” kata Wakil Menteri Kesehatan Iran seperti dikutip MalangTODAY dari detik.

Sebagai tanda berkabung, warga Iran berkumpul di depan rumah sakit lokasi Rafsanjani dirawat untuk terakhir kali. Dan semua saluran televisi negara memasang tanda hitam di sudut layarnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here