Ilustrasi kepanikan di dalam kabin pesawat @ Medical News Today

MALANGTODAY.NET – Beberapa penumpang dalam Jet Airways jurusan Mumbai-Jaipur, India terancam keselamatannya akibat kelalaian pilot dan kru pesawat, Kamis (20/9/2018).

Beberapa penumpang di pesawat tersebut sampai menderita mimisan dan mual. Bahkan ada yang sampai mengalami pendarahan dari telinga.

Hal itu diakibatkan oleh pilot yang lalai dalam mengatur tekanan udara di kabin sebelum pesawat lepas landas. Oksigen darurat kemudian keluar secara tiba-tiba tanpa tanda dan arahan terlebih dahulu dari kru kapal.

Seorang penumpang yang berada dalam pesawat itu membenarkan kejadian tersebut melalui video yang diunggah di twitter. Penumpang bernama Darshak Hathi tersebut mengatakan bahwa situasi panik terjadi karena kesalahan teknis Jet Airways.

Baca Juga: Hobi Ngegas, Berikut Tiga Aksi Nyolot Edy Rahmayadi Bulan

“Panic situation due to technical fault in @jetairways 9W 0697 going from Mumbai to Jaipur.  Flt return back to Mumbai after 45 mts. All passengers are safe including me. (Situasi panik terjadi akibat kesalahan teknis di @jetairways 9W 0697 jurusan Mumbai ke Jaipur. Penerbangan kembali ke Mumbai setelah 45 menit. Seluruh penumpang aman termasuk saya),” kata Darshak.

Senada dengan Darshak, salah satu penumpang lain juga mengeluhkan hal yang sama di twitter. Ia menekankan bahwa selama kepanikan terjadi, tidak ada kru pesawat yang membantu.

“@jetairways Flight 9W 697 made an emergency landing back in Mumbai. Airplane lost pressure immediately after taking off…scores of passengers including me bleeding from nose….no staff to help…no announcement on board to wear the oxygen mask.passengersafety completelyignored. (@jetairways penerbangan 9W 697 melakukan pendaratan darurat kembali ke Mumbai. Pesawat kehilangan tekanan udara segera setelah melakukan lepas landas. Beberapa penumpang, termasuk saya mengalami mimisan. Tidak ada kru yang menolong. Tidak ada informasi untuk menggunakan masker oksigen. Keselamatan penumpang benar-benar diabaikan),” tulis pemilik akun @satishnairk di twitter.

Baca Juga: Nintendo Labo Mainan Kardus dengan Harga Jutaan, Mau Beli?

Seluruh Penumpang Selamat

Wakil Direktur Jenderal Direktorat Penerbangan Sipil (DGCA) India Lalit Gupita mengatakan bahwa dari total 166 penumpang, 30 di antaranya mengalami pendarahan hidung dan telinga sedangkan yang lainnya mengeluhkan sakit kepala.

“Penerbangan 9W 697 Mumbai-Jaipur kembali ke Mumbai setelah lepas landas karena saat lepas landas kru lupa untuk memilih saklar untuk mempertahankan tekanan kabin. Ini mengakibatkan masker oksigen jatuh. Tiga puluh dari 166 penumpang mengalami pendarahan hidung dan telinga, beberapa juga mengeluh sakit kepala,” Kata Lalit Gupita seperti dilansir dari Hindustan Times.

Baca Juga: Asli Warga Bandung, Orang Ini Ikut Dikeroyok Saat Mencoba Menolong

Lebih lanjut Lalit Gupita menambahkan bahwa para kru pesawat itu kini telah dilepas tugas dan Aircraft Accident Investigation Bureau (AAIB) telah memulai penyelidikannya.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...