Saling Jabat Tangan, Begini Suasana Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-Un
Kim Jong Un dan Donald Trump dalam pertemuan di Singapura @ Reuters/Jonathan Ernst

MALANGTODAY.NET – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, akhirnya bertemu hari ini, Selasa (12/6) di Singapura. Salaman untuk pertama kalinya, suasana pertemuan keduanya berlangsung lancar.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Amerika Serikat dan Korea Utara (Korut) adalah dua negara yang bermusuhan.

Baca Juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk Daftar Lewat 5 Beasiswa Ini!

Ketika terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump bahkan sempat mengejek Kim Jong-Un.

Karena rivalnya kedua negara ini, pertemuan dua negara di Singapura itu menjadi agenda bersejarah yang bikin deg-degan! Tapi tenang aja, pertemuan ini berlangsung dengan lancar dan aman kok.

Donald dan Kim tampak berjabat tangan dengan saling melempar senyum sumingrah. Lalu mereka juga tak lupa menghadap para wartawan yang meliput, sebagai bukti bahwa keduanya tidak lagi menjadi rival.

Kim sempat mengakui bahwa nggak gampang bertemu dengan Trump. Namun akhirnya mereka bisa bertemu di Singapura.

“Datang ke sini tidak-lah mudah. Tapi kami berhasil mengatasi semuanya dan kami hadir dari ini,” ucap Kim, seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com, Selasa (12/6).

Sementara itu, Trump merasa senang bisa bertemu dengan rivalnya itu. Suami Melania Trump itu yakin bahwa pertemuan hari ini merupakan terobosan terbaru dalam hubungan antar negara AS dengan Korut.

Baca Juga: 4 Fakta Kembaran Guanlin Wanna One dari Indonesia!

Saling Jabat Tangan, Begini Suasana Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-Un
Saat selesai pertemuan sesi pertama @ Reuters/Jonathan Ernst

“Saya merasa sangat senang dan terhormat untuk bertemu Kim. Saya pikir kami berdua akan melakukan diskusi yang baik dan sukses,” paparnya.

Pertemuan yang digelar di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura itu memiliki beberapa agenda. Diantaranya adalah masalah denuklirisasi, normalisasi hubungan kedua negara dan Hak Asasi Manusia.

Namun ketika Kim disinggung soal denuklirisasi oleh Trump dalam pertemuan empat matanya, pemimpin Korut itu memilih untuk bungkam. Hal ini dikarenakan keduanya punya pendapat berbeda tentang denuklirisasi.

Menurut informasi, pihak AS sendiri ingin sekali membuat negara tetangga Korea Selatan itu melucuti penuh senjata nuklir mereka secara terverifikasi dan kekal.

Baca Juga: Bertemu dengan Donald Trump, Ini 4 Fakta Mengejutkan dari Kim Jong-Un

Pantas saja, Korut bungkam karena nggak mungkin mereka menyerahkan senjata nuklir yang sudah dibangun selama satu dekade begitu saja.

Pertemuan keduanya di sesi pertama, berlangsung hingga pukul 13.00 waktu Singapura, yang diselingi oleh jamuan makan siang pada pukul 11.30.

Setelah pertemuan ini berakhir, Kim langsung pulang ke Korea Utara tepat pada pukul 14.00. Sedangkan Trump dijadwalkan akan meninggalkan Singapura pada 19.00 malam nanti.

Hingga berita ini dimuat, belum ada keputusan yang mencolok dari pertemuan dua negara tersebut.

Saling Jabat Tangan, Begini Suasana Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-Un
Suasana pertemuan di Singapura @ Reuters/Jonathan Ernst

Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...