MALANGTODAY.NET – Peringatan Asyura di Ibu Kota Kabul, Afganistan, Selasa (11/10) malam waktu setempat berakhir pembantaian. Sedikitnya 14 orang tewas dan lebih dari 40 orang cedera setelah beberapa lelaki bersenjata menyerang sebuah tempat suci di ibu kota tersebut. Korban tewas terdiri dari 13 warga sipil dan seorang polisi.

Di tempat tersebut ratusan orang sedang melaksanakan peringatan Hari Asyura  Hari Asyura merupakan hari ke-10 pada bulan Muharram dalam kalender Islam. Momen ini diperingati kaum syiah sebagai hari berkabung atas mati syahidnya cucu dari Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali dalam Pertempuran Karbala tahun 61 Hijriah (680 SM).

Dilansir dari republika, penyerang menggunakan rompi bom bunuh diri dan memakai seragam polisi. Ia kemudian masuk kuil Karte Sakhi dekat Kabul University dan mulai menembaki jamaah.

Menurut sanksi mata, pelaku menembaki polisi dengan pistol sebelum menggunakan AK-47. “Lebih dari 30 orang lainnya luka-luka,” kata kontributor Aljazirah,

Otoritas juga telah memperingatkan komunitas Syiah agar menghindari tempat publik dan kerumunan. Hingga saat ini belum ada kelompok yang mengklaim tanggung jawab atas peristiwa ini. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda