Orang Terkaya Sebut Perang Dagang AS – China Terbodoh di Dunia
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (kiri) dan Presiden China, Xi Jinping @Washington Examiner

MALANGTODAY.NET – Perseteruan Amerika Serikat (AS) dan China di sektor perdagangan yang kian hari makin meruncing ditanggapi oleh salah satu orang terkaya di China, Jack Ma. Menurutnya, perang dagang antara AS dan China adalah hal paling bodoh di dunia.

“Perang dagang adalah hal terbodoh di dunia ini. Perdagangan adalah untuk kedamaian, untuk berkomunikasi,” tegas Ma dilansir dari Detik.com, Selasa (6/11/2018).

Baca Juga: Trump Beri Sanksi Terdahsyat Pada Iran, Israel: Terima Kasih

Sebelumnya, masing-masing dari AS dan China telah menetapkan tarif untuk impor barang senilai ratusan miliar dolar. Presiden AS, Donald Trump, mengancam akan menetapkan tarif pada sisa ekspor China sebesar US$ 500 miliar jika sengketa perdagangan tak kunjung diselesaikan.

Jack Ma menilai bahwa defisit perdagangan AS dengan China yang bukan sebagai gangguan ekonomi. Ia justru menganggap hal itu merupakan sarana untuk menciptakan lapangan kerja di negeri Paman Sam tersebut. Jika tidak, maka negara tersebut akan berada dalam masalah pelik.

“Pergeseran China ke model impor akan menjadi sangat menyakitkan bagi banyak bisnis, tetapi juga akan membuat peluang yang bagus untuk banyak konsumen,” kata pemilik raksasa e-commerce Alibaba tersebut, dilansir dari Tempo.co, Selasa (6/11/2018).

Baca Juga: Negara Ini Gelar ‘Razia’ Anti LGBT, Pemerintah AS Peringati Warganya

Sebelumnya, Ma telah memprediksi bahwa perang dagang antara kedua negara tersebut akan menimbulkan banyak kekacauan dan berpotensi berlangsung dalam rentang waktu yang lama. Tak hanya kerugian antara keduanya, namun juga negara-negara lain.

“Perang dagang tidak hanya akan merusak perdagangan antara China dan AS, tapi juga banyak negara lain dan bisnis-bisnis kecil,” kata Ma.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...